Share

Kominfo Bojonegoro Antisipasi Virus “Malware Ransomware Wannacry”

Bojonegoro, 16/5 (Media Center) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyebarkan informasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan back up data mengantisipasi serangan virus Ransomware Wannacry.

“Imbauan yang kami sampaikan kepada OPD untuk mengantisipasi serangan virus ke komputer yaitu melakukan “back up” data sebelum koneksi ke jaringan internet,” kata Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, Selasa (16/5).

Selain itu, monitoring traffic juga terus dilakukan kominfo untuk mendeteksi traffic mencurigkan yang masuk ke data center dan internal network sekaligus melakukan block traffic jaringan OPD yang diindikasi mengandung virus.

Ia mencontohkan pada Senin (15/5) ada OPD dinas pendidikan (disdik) sebagai langkah pengamanan awal terhadap kondisi traffic jaringan yang tidak normal.

Yang jelas, lanjut dia, aplikasi yang dikembangkan kominfo sampai sekarang ini masih aman karena menggunakan OS Linux.

“Kami juga meminta kepada masing-masing OPD yang memiliki Aplikasi dan Data pada OS Windows untuk segera melakukan pencabutan jaringan data/ internet/ LAN/ Wifi dan melakukan backup data,” katanya.

Selain itu, OPD juga memastikan masing-masing pengguna PC atau “notebook” melaksanakan langkah pencegahan dan pengamanan sebagaimana yang diberikan Kementrian Kominfo.

“Sampai saat ini belum ada laporan mengenai jaringan Teknologi Informasi yang terinfeksi virus. Jaringan internet pemkab masih aman untuk koneksi internet menjalankan system layanan pemerintahan dan layanan publik,” paparnya. (*/mcb)

Leave a Comment