Share

Kominfo Bojonegoro Gelar “Workshop Website” Desa Rabu

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan menggelar pelatihan atau workshop admin website desa bekerja sama dengan “Broadband Learning Center”/BLC Telkom yang akan dijadikan percontohan pengembangan website desa di daerahnya, Rabu (9/12).

“Workshop akan diikuti 26 personel admin website desa di Kecamatan Sumberrejo,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, di Bojonegoro, Selasa (8/12).

Didampingi Kepala Bidang Jaringan Komunikasi (Jarkom) Kominfo Djoko Suharmanto, ia menjelaskan peserta “workshop admin website desa, akan memperoleh materi, antara lain, teknis pengunaan website di peberitaan.

Selain itu, lanjut dia, peserta juga memperoleh materi dasar menulis, standar informasi desa, teknis mengunggah berita, sekaligus teknis mengelola konten website.

“workshop admin website desa yang digelar ini pertama kalinya, sehingga kami harapkan kecamatan lainnya bisa tergerak ikut mengembangkan website desa,” ucapnya, menegaskan.

“Terkait website desa ini nantinya akan diatur di dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro yang berisi pola pengelolaan website desa,” tambahnya.

Menurut Kepala Bidang Jarkom Kominfo Djoko Suharmanto, pembentukan website desa ini, juga merupakan amanat Undang-Undang (UU) No. 6 tahun 2014 tentang Desa, pada pasal 82 dan 86.

Di dalam kedua pasal itu, mengisyaratkan untuk pelaporan anggaran desa dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja.

Dengan demikian, katanya, lingkungan yang memungkinkan untuk menempatkan laporan anggaran dan kondisi desa untuk dapat diakses dengan mudah setiap waktu, adalah dengan memanfaatkan internet.

“Hal ini juga sesuai dengan amanat UU No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik,” kata Djoko, menegaskan.

Ia menambahkan Website desa di Kecamatan Sumberrejo sudah disepakati akan memperoleh anggaran dari APBDes yang besarnya berkisar Rp5 juta-Rp10 juta per desa. (*/mcb)

Leave a Comment