Share

Kominfo Bojonegoro Imbau Masyarakat Waspadai Serangan Virus Komputer

Bojonegoro, 14/5 (Media Center) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengimbau masyarakat pengguna internet untuk mewaspadai serangan virus yang menyerang komputer dengan berbasis sistem operasi windows, dalam beberapa hari ini.

“Serangan yang terjadi ke komputer bukan dari “hacker”, seperti yang banyak diberitakan. Telah terjadi serangan di dunia maya, yg menyerang komputer dengan berbasis sistem operasi windows,” kata Kepala Bidang Layanan “E-Goverment” Dinas Kominfo Bojonegoro Alit S. Purnayoga, di Bojonegoro, Minggu (14/5).

Ia menyebutkan virus yang menyerang bernama “malware/ransomware” yg diberi nama “wannacry”.

“Virus itu merusak file yang ada di komputer kita, sehingga cukup berbahaya bisa mengakibatkan kita kehilangan data yang penting di komputer kita apabila kita tidak memproteksi komputer kita,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia meminta pengguna internet dengan sistem komputer melakukan langkah antisipatif untuk mewaspadai serangan virus itu, dengan cara mencabut kabel “LAN/Wifi” untuk mengurangi risiko penyebaran melalui internet.

Selain itu, juga melakukan “backup” data di komputer anda (amankan data penting), update Anti-Virus, gunakan software asli baik windows atau anti virusnya.

“Virus belum menyebar di sistem operasi linux atau mac os. Jadi kalau mau gunakan 2 OS itu lebih aman,” tuturnya.

“Langkah yang disampaikan itu juga dianjurkan Kementerian Kominfo,” tambahnya. (*/mcb)

Leave a Comment