Share

Kominfo: Bojonegoro Masih Siaga Banjir Bengawan Solo

Bojonegoro (Media Center) – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Kusnandaka Tjatur menyatakan pemkab masih memberlakukan status siaga banjir, sebab genangan air Bengawan Solo di daerahnya masih terjadi.

“Pemkab tetap memberlakukan siaga banjir, bahkan kita tingkatkan terutama dalam menangani para korban banjir,” katanya, Selasa. Pemkab, katanya, terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, mulai TNI, Kepolisian Resor (Polres), Orari, Tagana juga berbagai pihak lainnya yang tergabung di dalam SAR gabungan agar penanganan korban banjir bisa lebih maksimal.

Tim SAR gabungan, lanjutnya, tetap bersiaga di sejumlah lokasi Bengawan Solo yang dianggap rawan, di antaranya, di Taman Bengawan Solo (TBS) di Kecamatan Kota, juga sejumlah lokasi lainnya. Menurut dia, kewaspadaan menghadapi banjir tetap dilakukan dengan pertimbangan ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga di Bojonegoro yang semula bertahan 14,94 meter (siaga II-kuning), Senin (16/12) kembali naik menjadi 14.95 meter, Selasa pukul 08.00 WIB.

“Pendistribusian bahan makanan terus berjalan baik melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Disnakertransos, termasuk membuka dapur umum di sejumlah lokasi,” kata Kepala BPBD Bojonegoro Amir Syahid. Ia menyebutkan petugas di sejumlah kecamatan yang daerahnya dilanda luapan Bengawan Solo, sudah mulai mengambil bahan sembako untuk para pengungsi.

Di antaranya, Kecamatan Kota, yang sudah mengambil bahan makanan siap saji, selimut juga berbagai kebutuhan lainnya bagi pengungsi. Pantauan Media Center, meski genangan banjir masih belum surut, tapi warga tetap melakukan aktifitas, seperti berangkat sekolah, juga melakukan berbagai kegiatan lainnya. “Jalan di desa kami semula airnya sudah surut, tapi pagi tadi kembali tergenang air Bengawan Solo,” jelas seorang warga Desa Ngablak, Kecamatan Dander, Ngadimo.

Selain itu, di desa setempat warga masih mengungsikan ternaknya, seperti sapi, kambing di sepanjang tanggul negara dengan membuat tenda pengungsian. (samcb)

Leave a Comment