Share

Kominfo Bojonegoro Minta Kecamatan Bisa Berdayakan Masyarakat

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro,  Jawa Timur, meminta kasi pelayanan umum di kecamatan bisa memberdayakan potensi masyarakat melalui melalui teknologi informasi (TI).

“Ironis kalau kasi pelayanan umum di kecamatan tidak mampu menguasai TI, sebab fungsi kasi pelayanan umum di era sekarang ini yaitu pemberdayaan masyarakat,”  kata Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, Kamis (17/8).

Dengan demikian, menurut dia, kasi pelayanan di kecamatan memegang peranan penting dalam pemberdayaan masyarakat yang ada di pedesaan.

“Kasi pelayanan umum di kecamatan harus mampu melakukan komunikasi dengan masyarakat melalui TI. Tidak hanya menjelaskan informasi kepada masyarakat, namun juga mendengarkan aspirasi yang berkembang di masyarakat,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan di era Orde Baru kasi pelayanan umum di kecamatan atau juru penerangan (jupen) mempunyai tugas hanya sebatas menyampaikan program agenda Pemerintah kepada masyarakat.

“Dulu jupen ngoceh (berbicara) untuk menyampaikan agenda Pemerintah dengan tujujuan propaganda. Masyarakat hanya sebatas sebagai pendengar, tanpa bisa memberikan masukan kepada Pemerintah,” ujarnya.

Namun, lanjut dia, di era sekarang ini  kasi pelayanan umum harus mampu menjadi penyampai berita, sekaligus menguasai substansi berita dan isinya. Selain itu, juga harus bisa berfungsi menjadi penerima berita dengan seimbang.

Ia mencontohkan kalau kasi pelayanan umum bisa berfungsi dengan baik, maka bisa dilakukan pendataan jumlah anak yang tidak bisa melanjutkan sekolah di pedesaan dengan cepat,   memanfaatkan jaringan informasi yang sudah ada, seperti melalui kelompok informasi masyarakat (KIM).

“Penyampaian informasi sekarang ini tidak hanya dilakukan melalui baliho, banner, spanduk, tapi bisa dilakukan melalui sarana teknologi informasi,” tandasnya.

Pada acara itu, Kusnandaka Tjatur, juga menyampaikan web bojonegorokab.go.id, yang mampu meraih web kabupaten/kota terbaik tingkat nasional  versi media online beritasatu.com.

Pada kesempatan itu, Kominfo juga mengumumkan juara lomba KIM se-wilayah Pembantu Bupati Bojonegoro yang diikuti 28 KIM dan pelatihan jurnalistik dengan nara sumber Aguk Sudarmojo (LKBN Antara) dan Koko Sujatmiko (tempo), dengan peserta kasi pelayanan umum dan KIM peserta lomba. (sa/mcb)

Leave a Comment