Share

Kominfo Bojonegoro: Petani Harus Kuasai TI

Bojonegoro (Media Center) – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Kusnandaka Tjatur, Selasa, meninjau pelatihan “Cyber Extension” (cybex) yang diikuti para petani hasil kerja sama Dinas Pertanian dan Kominfo, di Kantor Media Center.

“Para petani harus mampu menguasai teknologi  informasi (TI) tidak hanya tahu cangkul. Bahkan, dalam penguasaan TI harus bisa mengalahkan penyuluh pertanian dalam penguasaan TI,” katanya, kepada puluhan petani peserta pelatihan “cybex”.

Kepada para petani, ia juga mengemukakan sebagai usaha mengembangkan kemampuan para petani di bidang TI, maka para petani bisa memanfaatkan media center sebagai ajang penguasaan TI.

“Para petani silahkan memanfaatkan jaringan TI yang ada di media center, termasuk berdiskusi dengan tenaga ahli TI yang ada,” katanya, menegaskan.

Pelatihan TI di media center diikuti 30 petani dari berbagai kecamatan dengan instrukstur Moh. Rifai dan Relawan TIK Bojonegoro. Para petani memperoleh materi tentang TI, di antaranya, pembuatan email, blog dan jejaring sosial.

Menurut petugas Dinas Kominfo Djoko Harmanto, para petani yang sudah memperoleh pelatihan TI diharapkan bisa mengembangkan ilmu yang sudah diperoleh kepada para petani lainnya. (samcb)

 

Leave a Comment