Share

Kontraktor Lokal Tunggu Jawaban EMCL

Bojonegoro – Sekira lima orang perwakilan yang tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Lokal Banyuurip Blok Bojonegoro (AKBUBB) mendatangi Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, berkeluh kesah terkait sikap operator Blok Cepu, ExxonMobil Cepu (EMCL) yang belum memberikan respon terkait beberapa tuntutan, Senin (28/9).

Sekretaris AKBUBB, Suparmo menyampaikan kepada Bupati, jika pagi tadi telah melakukan aksi demo untuk sejumlah tuntutan kepada EMCL. Tuntutan ini diantaranya adalah penegakkan peraturan daerah (Perda) No.23 tahun 2011 tentang Konten Lokal. Kemudian, menuntut agar kontraktor pemenang tender proyek Blok Cepu ber-KSO (kerja sama operasi) dengan kontraktor lokal jika ingin bekerja di Bojonegoro serta EMCL harus bertanggung jawab mempertemukan pemenang tender untk ber-KSO dengan kontraktor lokal.

“Kami minta dukungan pemkab, supaya EMCL tidak terlalu lama merespon tuntutan kami,” tukasnya.

Mendengar pemaparan tersebut, Suyoto menegaskan, akan membawa permasalahan ini di hadapan Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) KH Hasyim Muzadi yang akan hadir pada Selasa (29/9). Menurutnya, tuntutan AKBUBB ini perlu mendapatkan jawaban segera dari EMCL.

“Besok tidak usah demo lagi, cukup datang ke acara Watimpres untuk menyampaikan aspirasinya. Jadi bisa dapat jawaban lansung dari EMCL,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM, Agus Supriyanto, menyampaikan, jawaban dari pihak EMCL atas tuntutan dari AKBUBB akan diberikan pada tanggal 21 Oktober 2015 mendatang. Karena perlu mempersiapkan konsumsi serta mengumpulkan masing-masing kontraktor pemenang tender.

“Ya saya sudah minta jangan lama-lama, kalau perlu segera dilakukan supaya tidak berlarut-larut,” ujar Agus menjelaskan.(dwi/*mcb)

Leave a Comment