Share

KPU Bojonegoro Harapkan Dispendukcapil Selesaikan KTP Elektronik

Bojonegoro,18/5 (Media Center) – KPU Bojonegoro, Jawa Timur, mengharapkan dinas kependudukan dan pecatatan sipil (dispendukcapil) bisa menyelesaikan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, karena tahapan verifikasi daftar penduduk pemilih potensial (DP4) pilkada pada Desember.

“Harapan kami pembuatan KTP elektronik sudah bisa selesai sebelum Desember. Tapi, KPU tidak bisa memaksa dispendukcapil,” kata Divisi Program dan Data KPU Chudori di Bojonegoro, Kamis (18/4).

Namun, menurut dia, Kepala Dispendukcapil Suhono dalam pertemuan dengan jajaran KPU menjanjikan sanggup menyelesaikan pembuatan KTP elektronik, karena sudah memperoleh 36 ribu keping blangko KTP elektronik dari Kemendagri.

“Kami juga menyarankan agar pelaksanaan perekaman KTP elektronik langsung mendatangi ke lembaga pendidikan juga perguruan tinggi, sebab kebanyakan yang belum memiliki KTP elektronik dari pemilih pemula,” ucapnya.

Sesuai ketentuan, lanjut dia, verifikasi DP4 akan memanfaatkan KTP elektronik, selain itu pemilih yang belum memiliki KTP elektronik tidak bisa mencoblos kecuali memiliki surat keterangan pengganti KTP elektronik.

“Kalau memanfaatkan surat keterangan pengganti KTP elektronik rawan disalahgunakan, sebab petugas di TPS tidak mungkin bisa mengecek secara pasti keabsahannya,” katanya menegaskan.

KPU memperkirakan KPU jumlah pemilih pilkada bisa mencapai 1.083.819 pemilih meningkat dibandingkan jumlah pemilih pemilu presiden (pilpres) pada 2014 dengan jumlah 1.041.529 pemilih.

“Perhitungan itu mengacu peningkatan jumlah penduduk di Bojonegoro rata-rata 1 persen per tahunnya,” ucap Ketua KPU Bojonegoro Abdim Munif menambahkan. (*/mcb)

|

Leave a Comment