Share

Kunjungi Kampung Tangguh Semeru di Bojonegoro, Kapolda Jatim Ajak Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan Sambut New Normal

Bojonegoro, Media Center – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, mengunjungi Kampung Tangguh Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Senin (1/6/2020). Desa ini dinilai berhasil mencegah, mengawal dan mengawasi pandemi virus corona atau Covid-19.

Kapolda bersama rombongan tiba di Kampung Tangguh Semeru Desa Campurejo, disambut langsung Bupati Bojonegoro Anna Mu’anah, Kapolres AKBP. M Budi Hendrawan, Dandim 0813 Letkol Inf. Bambang Hariyanto, Kepala Desa Campurejo Edy Sampurno, beserta relawan percepatan penanganan Covid-19.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, kepada Kapolda Jatim, menyampaikan penanganan, pengawalan serta pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro dilaksanakan secara bekerjasama dan bergotong-royong antara Pemerintah Kabupaten, kepolisian, TNI hingga pemerintaha desa dan masyarakat.

Dijelaskan, sejak awal munculnya wabah virus corona Bupati Bononegoro secara sigap telah membentuk Gugus Tugas dan Relawan Desa guna mencegah penyebaran Covid-19. Di Desa Campurejo, misalnya, masyarakat sangat aktif dan tangguh dalam penanggulangan bencana wabah virus corona. Gugus tugas dan relawan di Desa Campurejo sangat aktif melakukan menyemprot cairan disinfektan, sosialisasi, dan penanganan kepada warga, baik yang terdampak maupun yang sehat

“Di sini terdapat 10 orang terdampak virus corona, meliputi 3 orang positif terkonfirmasi, di antaranya 2 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Untuk PDP ada sebanyak 7 orang. Itu diketahui setelah dilakukan rapid test di pasar Kota dan pasar Banjarejo. Selanjutnya dilakukan karantina di rumah isolasi milik Pemkab Bojonegoro, di tiga shelter,” jelas kapolres.

Selain itu, Polres Bojonegoro, bersama Brimob dan Pemkab Bojonegoro juga telah melakukan pencegahan penyebaran covid-19, pembagian bantuan dengan melakukan pengumpulan iuran anggota Polres, serta menyalurkan bantuan dari Kapolri kepada warga terdampak wabah corona.

“Selama masa pendemi Covid-19, Polres Bojonegoro juga membuat aplikasi BoSe atau Bojonegoro Sehat guna memudahkan pemantauan sebaran yang terjadi diwarga,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol M Fadil Imran, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bojonegoro beserta Dandim 0813, Kapolres, jajaran tingkat pemdes yang telah melakukan tindakkan secara aktif, preventif dan humanis. Khususnya kepada relawan di Kampung Tangguh Semeru Desa Campurejo, yang berhasil mecegah penyebaran Virus Corona.

Kapolda berharap pada masa pandemi Covid-19, dan menjelang situasi New Normal seluruh masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, di rumah saja, jaga jarak, jauhi kerumunan, rajin cuci tangan dan gunakan masker, pesan Irjen Pol Mohammad Fadil Imran.

“Semoga kerjasama atau gotong royong dalam pencegahan penyebaran covid-19, terus bisa dilakukan dalam kondisi apapun, di Kabupaten Bojonegoro,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda memberikan sejumlah bantuan diantaranya alat pelindung diri (APD) kepada Kampung Tangguh Semeru.

Kepala Desa Campurejo, Edi Sampurno menjelaskan, dalam mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya mewajibkan semua orang di luar rumah maupun di dalam rumah, untuk bermasker. Penanganan virus corona yang dilaksanakan di Desa Campurejo
terukur.

“Struktur yang dibuat sejak awal tidak mengada-ada. Masyarakat ditekankan untuk tertib disiplin protokol kesehatan,” sambungnya.

Selain itu, Pemdes Campurejo membantuk kawasan kampung physical distancing, mulai ada pemberlakuan jam malam. Termasuk menyediakan alat-alat seperti cuci tangan dan sabun untuk menjaga kesehatan, dan memberi edukasi kepada setiap orang yang berkunjung.

“Semua sudah kita terapkan sejak awal. Kegiatan yang kita laksanaan riil. Semua dibukukan dan terdokumentasi,” tegasnya.(Dwi)

Leave a Comment