Share

Lantik 17 Kades Terpilih Melalui Vidcon, Bupati Tekankan Percepatan Penanganan Covid-19

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Muawanah, melantik 17 Kepala Desa terpilih di 11 kecamatan di gedung PIP Dinas Kominfo, melalui Video Conference dan sesuai prosedur Corona (Covid-19), Senin (4/5/2020).

Belasan kades terpilih tersebut merupakan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang ke III tahun 2020.

Dalam sambutannya, Bupati Anna menyampaikan, pelantikan hari ini merupakan tahapan ke IV atau terakhir dari pelantikan 232 Kepala Desa yang dilaksanakan sejak 1 April 2020 lalu.

“Saya menghimbau agar semua Kades terlantik mengemban sumpah jabatan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Pihaknya meminta agar semua Kepala Desa segera menyelaraskan antara kebijakan desa dengan kebijakan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten.

“Terutama terkait percepatan penanggulangan bencana Covid-19,” tegas bupati perempuan pertama Bojonegoro itu.

Bu Anna, demikian akrab disapa, meminta kepada seluruh Kepala Desa untuk menyusun kebutuhan anggaran dalam bentuk kegiatan-kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kemudian, bagi desa yang menganggarkan akan tetapi tidak mencukupi maka harus segera dilakukan mekanisme raelokasi anggaran melalui perubahan APBDesa.

Lalu, bagi desa yang belum menganggarkan maka akan segera dilakukan perubahan APBDes dengan melakukan penyesuaian kebijakan.

“Saya minta semua Camat bisa membina dan mendampingi kepala desa, utamanya yang baru menjabat,” pesan Bu Anna.

Bupati juga berpesan kepada warga Bojonegoro yang memiliki famili di luar kota untuk menahan kepulangannya mengingat sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Tetapi bagi yang sudah mudik atau pulang kampung, lanjut Bu Anna, untuk sadar diri dan atas dasar kemanusiaan untuk melakukan isolasi mandiri 14 hari sesuai protokol kesehatan.

“Ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas,” tandasnya.

Bupati mengungkapkan telah meminta kepada semua desa dan kecamatan untuk menyiapkan rumah isolasi atau shelter yang layak dan sesuai protokol kesehatan.

“Saya terimakasih pada semua Camat dan Kepala Desa yang sudah menyiapkan shelter dengan baik. Dan saya menghimbau agar menyiapkan shelter-shelter yang memenuhi standar kesehatan,” tukasnya.(Dwi)

Leave a Comment