Share

Layani Amnesti Pajak, KPP Pratama Buka Hingga Sabtu-Minggu

Bojonegoro, 26/9 (Media Center) – Sosialisasi Tax Amnesti atau pengampunan pajak untuk harta kekayaan terus digencarkan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bojonegoro. Hal ini dilakukan agar Wajib Pajak bisa memanfaatkan momen Tax Amnesti untuk pelaporan pajak.

Kasi Pengawasan dan Konsultasi Pelayanan Pajak Pratama Bojonegoro Munaji, menjelaskan berbagai cara dilakukan untuk mensosialisasikan program Tax Amnesti ini. Diantaranya melalui media massa elektronik, seminar, penyebaran surat ke berbagai kantor hingga ke kecamatan dan desa.

“Bahkan, khusus untuk melayani pemohon Tax Amnesti, KPP Pratama buka pada hari Sabtu dan Minggu,” lanjutnya, Jumat (23/9).

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan penuh kepada wajib pajak. Disamping itu juga disediakan ruangan khusus untuk konsultasi sehingga rahasia wajib pajak benar-benar terjamin.

Untuk itu, Munaji berharap agar momen ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh wajib pajak. “Karena semakin cepat diungkap dan ditebus, maka jumlah yang harus dibayarkan lebih kecil. Tahap pertama sebanyak 2 persen, tahap kedua 3 persen dan tahap ketiga 5 persen,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah memberlakukan pengampunan pajak per tanggal 18 Juli lalu. Program ini dibagi menjadi tiga periode yakni periode pertama sejak diterbitkannya UU no 11 tahun 2016 soal pengampunan pajak hingga 30 September 2016, periode kedua mulai 1 oktober hingga 31 Desember 2016 dan periode tiga mulai 1 Januari hingga 31 Maret 2017.

Amnesty pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan. “Wajib Pajak yang melaporkan tidak diperiksa dan dikenakan sanksi, hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi wajib pajak dan sayang kalau dilewatkan,” pungkasnya.(mcb)

Leave a Comment