Share

Harap Jadi Percontohan Peternak dan Pemasok Daging Terbesar

Program bantuan sapi dari Pemerintah Pusat sejak tahun 2008 silam membuat masyarakat di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, mampu meraih sukses.

Bojonegoro (Media Center) – Program bantuan sapi dari Pemerintah Pusat sejak tahun 2008 silam membuat masyarakat di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan sukses dan membuat taraf hidup masyarakat meningkat.

Camat Kedewan, M. Tarom mengatakan, bersama Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perikanan dan Peternakan, terus melakukan pemantauan dan pembinaan agar penyaluran bantuan yang diberikan kepada para peternak tidak disalahgunakan.

“Alhamdulillah, perkembangannya cukup bagus,” ujarrnya.

Dia menyampaikan, awalnya masyarakat menggunakan modal untuk membuat kelompok sendiri dengan membeli 5 ekor sapi baik jantan dan betina. Kemudian, tahun 2008 mendapatkan bantuan hingga berjumlah 97 ekor sapi.

” Kami juga baru mendapatkan bantuan lagi pada bulan Desember 2014 lalu sebanyak 40 ekor sapi,” paparnya.

Dengan adanya ternak sapi, lanjut dia, warga memiliki kesibukan, meningkatnya taraf hidup, dan bisa menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi.  “Kalau selama ini kebanyakan mereka menyekolahkan anaknya  hanya lulus SD/SMP kini mampu membiayainya hingga ke perguruan tinggi,” terang dia.

Sementara itu, Ketua kelompok Lembu Suro, Pardi, mengatakan, dengan beranggotakan 114 orang, sekarang ini jumlah sapi yang ada mencapai 200 ekor lebih . Sementara keuntungan yang didapat para peternak melalui kelompok ini antara Rp 400.000 sampai Rp 600.000 tiap ekor sapi. Bahkan, keuntungan akan didapat berkali lipat saat hari-hari besar terlebih Hari Raya Idul Adha.

” Kami berharap, desa kami menjadi percontohan bagi peternak lainnya dan menjadi pemasok daging terbesar di Bojonegoro,” harap pria 35 tahun ini. (re/**mcb)

Leave a Comment