Share

Lezatnya Kikil Kambing Nyah Tinuk Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center), 4/6 – Menu masakan kikil kambing Nyah Tinuk (41) di warung tepi jalan di Kelurahan Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro ini bisa dijadikan menu alternatif saat berbuka puasa.

Rasanya yang lezat dengan aroma gurih bisa dinikmati pembeli langsung di lokasi atau dibungkus dibawa pulang.

“Selama puasa saya saya tetap buka seperti biasa. Buka sejak siang hari pukul 14.00 WIB sampai malam hari. Pembeli yang ingin membeli dibawa pulang ya bisa,” kata Nyah Tinuk, di warungnya, Jumat (3/6).

Didamping suaminya Nanang, ia menceriterakan menu kikil Sapi di warungnya itu sebenarnya merupakan warung yang dirintis ibunya Ny. Marpani sudah sejak 20 tahun yang lalu.

Di warung setempat selalu menyediakan menu kikil Sapi, selain gulai, dan satai kambing.

“Memperoleh kaki kambing tidak sulit sebab kami sudah berlangganan dengan pedagang yang menyembelih kambing di pasar kota,” jelas dia.

Ia menyebutkan dalam sehari bisa memperoleh 10 kaki kambing yang kemudian dimasak untuk dijual di warungnya.

Menu kaki kambing yang dijual itu selalu habis, karena pelanggannya dari berbagai lapisan masyarakat tidak hanya lokal, juga luar kota yang kebetulan datang ke daerah Bojonegoro.

Cara memasak menu kikil, menurut dia, tidak diproses dengan presto, tapi tetap direbus sehingga membutuhkan waktu cukup lama.”Menjadikan kikil empuk waktu memasaknya berjam-jam. Kalau memasaknya dengan cara dipresto rasanya tidak enak,” tuturnya.

Di warung setempat harga satu kikil kambing Rp25.000 per porsi, satai kambing Rp33.000 per 10 tusuk dan gulai Rp25.000 per porsi belum termasuk harga nasi dan minuman.

Harga berbagai menu di warung Nyah Tinuk ini tidak terlalu berbeda jauh dengan menu serupa warung yang ada di daerah setempat yang menjual menu serupa, bahkan lebih murah dibandingkan menu serupa di restoran.

“Mencari warung saya paling mudah di depannya Radio Puspa Jaya,” ucap Nanang, menambahkan.

Seorang warga Kelurahan Sumbang, Kecamatan Kota, Bojonegoro Toni Ade Irawan menyatakan sangat menyukai menu kikil Sapi di Nyah Tinuk. Selain dagingnya empuk, dan rasanya lezat, juga harganya terjangkau.

“Saya berlangganan sudah lama. Daging kikil Sapinya empuk juga rasanya alamiah,” jelas dia. (*/mcb)

Leave a Comment