Share

Lezatnya Nasi Goreng Kebuli Masakan “Koh Lip” Bojonegoro

Bojonegoro, 4/8 (Media Center) – Menikmati nasi goreng sudah menjadi santapan masyarakat secara umum. Mulai nasi goreng Jawa, nasi goreng “mawut”, juga menu nasi goreng lainnya.

Kali ini menu nasi goreng Kebuli (khas masakan Arab) yang dipadu dengan daging kambing masakan “Koh Lip” warga keturunan dari marga Sie Swan Lip di Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Jawa Timur, tidak hanya lezat tapi juga penuh sensasi.

“Saya belajar membuat nasi goreng Kabuli dari kakak yang membuka restoran di Jakarta,” kata Toni Irawan di Depot Anugrah miliknya sambil memasak, Sabtu (4/7).

Ia mengaku membuka depot di Jalan Rajawali itu baru setahun, tapi sebelumnya pernah membuka depot nasi goreng serupa di Cirebon selama empat tahun.

“Saya asli Bojonegoro. Saya belum tahu tingkat minat masyarakat atas nasi goreng masakan saya. Tapi, sementara ini pembeli nasi goreng Kebuli juga menu nasi goreng lainnya dari berbagai kalangan termasuk ada warga keturunan Arab,” kata dia menjelaskan.

Di depotnya ia bekerja bersama istrinya dalam melayani pembeli. Di depotnya menu masakan yang ditawarkan juga beragam, yang semuanya berbagai aneka nasi goreng mulai nasi goreng nusdang (nus dan udang), nasi goreng nus, dan nasi goreng biasa, termasuk mie ayam.

Yang jelas Toni cukup cekatan dalam memasak nasi goreng di atas wajan, padahal dalam memasak nasi goreng tidak langsung satu wajan lima menu nasi goreng, tapi satu persatu.

Bahkan, setiap memasak di awal memasukkan bumbu yang dicampur dengan daging kambing, di dalam wajan terbakar, sebelum akhirnya mati setelah nasi dimasukkan.

“Rasa sangit nasi bercampur daging kambing di nasi goreng kebuli menjadi sensasi tersendiri,” ucap seorang pembeli di depot setempat.

Harga nasi goreng kebuli daging kambing di depot Koh Lip cukup murah hanya Rp15.000/piring, sedangkan nasi goreng biasa hanya Rp10.000/piring dan nasi goreng udang Rp18.000/piring.

Harga berbagai aneka nasi goreng di Koh Lip jauh lebih murah dibandingkan nasi kebuli di berbagai restoran yang ada mulai seharga Rp50.000/piring, sampai Rp300.000/piring. (*/mcb)

Leave a Comment