Share

Libur Akhir Tahun, Transaksi di Agrowisata Mencapai Rp 70juta per Hari

Bojonegoro (Media Center) – Camat Kalitidu, Rendra Prakoso, mengatakan, jumlah pengunjung di agrowisata kebun belimbing pada libur tahun baru kemarin mencapai sekira 1000 orang. Kedatangan mereka di tempat itu menjadikan perputaran uang meningkat signifikan yakni mencapai Rp70 juta dalam sehari.

“Itu dari penjualan belimbing, jasa warung makanan dan jasa parkir di lokasi agrowisata,” kata Rendra.

Libur akhir tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi warga Desa Ngrinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Setidaknya itu diakui oleh Sumarsini, warga setempat yang berprofesi sebagai penjual buah belimbing di kompleks Agrowisata yang ada di kawasan tersebut.

“Dalam sehari laku 7 peti, setiap peti berisi 35 kilo,” aku Sumarsini. Rata-rata omzet hasil penjualannya mencapai Rp 1juta untuk setiap harinya saat musim liburan.

Petani belimbing lainnya, Lipah mengaku, banyaknya jumlah pengunjung menjadikan omset petani dan penjual belimbing meningkat berlipat. Pada hari libur biasa seperti Sabtu dan Minggu omset yang didapat hanya sekira Rp200 ribu sampai Rp 400ribu.

“Kalau libur hari-hari biasa yang datang kesini sekitar 100 sampai 200 pengunjung,” sambung Lipah. Selain menjual buah yang sudah dipetik, pemilik kebun di tempat itu juga mempersilahkan pengunjung untuk memetik belimbing dari pohonnya.

Harga buah belimbing di kawasan agrowisata tersebut, saat panen raya dijual dengan harga bervariasi. Belimbing ukuran kecil dijual dengan harga Rp5 ribu/kg dan Rp6 ribu/kg untuk ukuran besar. Sedangkan pengunjung yang memilih memetik sendiri, dikenai tarif Rp 7ribu/kg. (numcb)

Leave a Comment