Share

Lima Rumah di Bojonegoro Rusak Diterjang Banjir

Bojonegoro (Media Center) – Lima rumah rusak dari 310 rumah di Desa Sugihan, Kecamatan Temayang, kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (9/2), dalam kejadian banjir bandang yang berlangsung beberapa jam, disebabkan meluapnya Kali Pacal.

Asisten III Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bojonegoro Yayan Rochman, menjelaskan banjir bandang terjadi setelah hujan deras di wilayah selatannya di Kecamatan Gondang, sekitar pukul 15.30 WIB.

“Tim reaksi cepat (TRC) BPBD sekarang diterjungkan ke lokasi untuk melakukan penanganan,” katanya, menegaskan.

Dari keterangan yang diperoleh, banjir bandang yang terjadi di desa setempat dengan ketinggian berkisar 0,50-1 meter, cukup deras,

Akibatnya, lima rumah milik Lamitik, Gito, Kasman, warji dan Hery Subagyo, di desa setempat mengalami kerusakan cukup parah.

Banjir bandang yang disertai lumpur dan sampah kayu juga merendam jalan Bojonegoro-Nganjuk, di desa setempat, dan menerjang 12 hektare tanaman padi.

“Jalan sempat macet sekitar 2 jam, karena tertutup lumpur. Sekarang kendaran sudah bisa lewat, tapi merayap,” ucap Camat Temayang Mokhalisin Andi irawan, menambahkan.

Menurut dia, warga penghuni lima rumah yang roboh, sekarang ini ditampung di rumah warga lainnya, yang tidak terkena banjir bandang.

“Warga sekarang membersihkan lumpur yang masuk di rumahnya,” ucapnya.
ing-masing,” tandasnya.

Ia menambahkan tim penanggulangan bencana BPBD, dengan dibantu Kodim 0813, kepolisian resor (polres), juga berbagai pihak lainnya, akan bekerja bakti membersihkan lumpur, yang menutup jalan juga rumah warga. (*/mcb)

Leave a Comment