Share

Limbah Plastik Antar Retno Raih Juara Kader Lingkungan

Bojonegoro (Media Center) – Tidak sedikitpun terlintas dalam benak Retno Pujiastuti, warga Jalan Panglima Polim, Kelurahan Sumbang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, meraih predikat Juara 1 kader lingkungan berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Wanita yang memiliki keterampilan seni ini mengaku, awalnya hanya coba-coba melakukan daur ulang plastik. Sejak setahun belakangan ini, bersama suami, Bakti Arifin, ia mencoba daur ulang plastik jenis tas kresek warna-warni menjadi benda yang berguna dan layak jual.

“Jadi niat awal itu selain mendaur ulang sekaligus bermanfaat. Untung-untung kalau bisa menghasilkan uang,” ujarnya pada kanalbojonegoro.com.

Meski tidak semudah yang diperkirakan, wanita berjilbab ini mengaku terus mencoba. Kegagalan yang dialami tidak hanya satu atau dua kali, tetapi berkali-kali. Jenis plastik ini tidak mudah dibentuk, karena terkadang robek atau meleleh.

“Saya akhirnya menemukan cara yang tepat untuk mendaur ulang tas kresek ini,” ujarnya.

Cara yang dilakukan Retno, panggilan akrabnya ini, yakni dengan meletakkan tas kresek di antara kertas minyak. Kemudian, lembaran-lemaran kertas itu disetrika dengan suhu yang sudah disesuaikan.

“Dengan cara seperti itu, tas kresek akan memiliki tekstur yang berkerut. Kalau sudah jadi orang pasti tidak mengira jika ini adalah plastik,” tukasnya.

Dari daur ulang tas kresek itulah, Retno bisa membentuknya menjadi wadah tissue dengan berbagai macam warna. Inilah yang menjadi point tertinggi sehingga mampu meraih gelar juara pertama. Selain itu juga lantaran tak membutuhkan banyak biaya tambahan untuk mewarnai karena plastik kresek saat ini terdiri dari beragam warna.

“Jadi warna plastiknya murni dari tas kresek yang warna-warni di pasaran,” tukasnya.

Dengan gelar yang disandangnya ini, Retno berharap bisa terus meningkatkan lagi keterampilannya dalam mendaur ulang bahan dari plastik. Tidak hanya plastik, tapi bisa dari bahan baku lainnya dari sampah.

“Harapan saya, bisa menjadi lebih baik, tetap mempertahankan juara ini pada perlombaan mendatang,” tandasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment