Share

“Litle Teksas Wonocolo” Resmi Jadi Wisata Baru Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Destinasi wisata baru di Kabupaten Bojonegoro, Petroleum Geo Heritage “Litlte Teksas Wonocolo” di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan mulai dibuka untuk umum. Pembukaan wisata pertambangan minyak di kawasan sumur tua ini diresmikan langsung oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto bersama Direktur Utama Pertamina EP Rony Gunawan, Kapolres Bojonegoro AKBP Hendri Fiuser, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Kav Donova Pri Pamungkas, Ketua DPRD Bojonegoro Mitroatin, Field Manager Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Agus amperiyanto, Adm KPH Cepu Andro Kusdjianto, Rabu (27/4).

Suyoto mengatakan, pembukaan Litle Teksas Wonocolo ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar yang selama ini menggantungkan hidup dari penambangan minyak. Menurutnya, saat ini minyak di wilayah sumur tua Wonocolo mulai menipis dan bisa saya sudah tak bisa ditambang dalam beberapa tahun ke depan.

“Untuk itu, aktifitas warga dialihkan ke wisata migas. Menambang minyak bukan hanya untuk dijual tapi juga untuk atraksi wisata,” jelasnya.

Ia menambahkan, panjang pendeknya umur suatu kawasan wiata ini bergantung pada perlakuan manusia terhadap alam. Menurutnya, usia wisata migas akan pendek jika tetesan minyak dibiarkan dibuang di tanah atau sungai, jadi untuk menghijaukan hutan maka aktifitas penambangan harus ramah terhadap lingkungan.

“Konsep desa Wisata ini adalah mulai menjaga dan melestarikan. Agar wisata pertambangan minyak ini menjadi wisata berkelanjutan,” imbuh pria yang akrab disapa Kang Yoto ini.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina EP, Rudy Gunawan mengungkapkan, pertambangan minyak di Wonocolo ini memiliki sejarah yang panjang dan berlangsung sejak lama. Konsep Litlte Teksas Wonocolo ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjadi penunjang kegiatan pertambangan.

“Wonocolo ini menarik. Daerahnya berbukit dan memiliki panorama yang indah,” lanjutnya.(mcb)

Leave a Comment