Share

Lokasi TMMD Ke-95 Bojonegoro Miliki Potensi Air

Bojonegoro (Media Center) – Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 di Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki potensi air tanah, untuk mengatasi kesulitan air bersih yang dialami warga.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Sukirno, Kamis (21/10), mengatakan, hasil pengeboran sumur air tanah dengan kedalaman sekitar 30 meter di satu lokasi di Desa Bakung, bisa mengeluarkan air.

“Saat ini masih dalam tahap uji coba sebelum airnya dimanfaatkan warga,” ucapnya.

Ia menambahkan pengeboran sumur air tanah di lokasi TMMD ke-95 akan dilakukan di satu lokasi lainnya.

“Pengeboran sumur air tanah di dua lokasi di Desa Bakung, itu merupakan program TMMD ke-95,” jelas Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, menambahkan.

Lebih lanjut ia menjelakskan pemkab juga melakukan pengeboran sumur air tanah di sejumlah lokasi, selama musim kemarau. Pengeboran dilakukan dengan memanfaatkan data survei “geolistrik” dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Dinas ESDM sudah melakukan survei “geolistrik” untuk mencari potensi air dengan hasil ada 30 titik yang daerahnya mengalami kekeringan, masih memiliki potensi air,” katanya.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Kecamatan Kanor, Bojonegoro Kapten Inf. Ilyas Rosyidi, menjelaskan program fisik TMMD ke-95 di Desa Bakung, yang melibatkan 150 personel TNI dari berbagai kesatuan sudah mendekati selesai.

Ia memperkirakan pekerjaan fisik, mulai rehabilitasi 25 rumah tidak layak huni (RTLH), pembuatan jalan paving, perbaikan mushala, juga yang lainnya, sudah mencapai 90 persen.

“Rencananya pengecatan 25 rumah akan dilakukan secara bersama pada 24 Oktober,” ucapnya.

TMMD ke-95 di Desa Bakung, Kecamatan Kanor, selain dilaksanakan program fisik, juga penyuluhan dengan melibatkan berbagai instansi terkait, termasuk program pelatihan bagi warga di desa setempat. Program TMMD ke-95, yang dimulai 8 Oktober lalu, akan berakhir 28 Oktober. (*/mcb)

Leave a Comment