Share

Mahasiswa IPB Kenalkan Peternakan Pada Pelajar Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Paguyuban Angling Dharma (PAD) Bojonegoro yang merupakan paguyuban mahasiswa asal Bojonegoro yang berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar kegiatan Le’s Go to Agriculture (LGTAC) 2016. Kegiatan rutin tahunan yang diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai SMA, SMK dan MA ini digelar di peternakan milik Kusnan, Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (3/2).

Berbeda dengan tema tahun sebelumnya, LGTAC 2016 mengusung tema “Kenali dan kembangkan potensi bojonegoro di bidang peternakan”. Meski demikian, menurut Ketua PAD, Moh. Agus Jamaluddin, secara garis besar tema yang diusung tiap tahunnya berhubungan dengan pertanian dan peternakan sesuai kompetensi para mahasiswa IPB.

“Tahun sebelumnya kita buat kegiatan seperti seperi tanam pohon bersama, edukasi nilai gizi masyarakat, teknik-teknik pertanian seperi vertikultur dan lain sebagainya,” ujar mahasiswa jurusan Agronomi dan Holtikultura ini.

Pemilihan tema mengenai peternakan ini lantaran melihat kondisi peternakan saat ini yang memang menjadi hal yang sangat di perhatiakan di Bojonegoro dengan adanya sekolah peternakan rakyat (SPR).

Dalam kegiatan ini, tim LGTAC turut mengundang DinasPeternakan Kabupaten Bojonegoro yang diwakili oleh drh. Edy Purwanto, Kusnan selaku pemilik peternakan dan Wahyu Hari Abrianti sebagai manajer SPR di Kasiman.

Usai berkeliling di peternakan milik Kusnan yang sapi-sapinya telah banyak menyabet juara sapi unggul di tingkat Provinsi Jawa Timur, peserta mengikuti sesi diskusi dan tanya jawab dan sosialisasi tentang IPB.

“Tujuannya adalah unuk meningkatkan motivasi belajar atau semangat kuliah dari siswa-siswi Se Kabupaten Bojonegoro terutama di bidang pertanian,” lanjut Agus.

Beberapa peserta menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan harus ditingkatkan frekuensinya di Bojonegoro. Sebab, Bojonegoro membutuhkan sosialisasi di bidang pertanian secara luas agar masyarakat dapat menjadi petani atau peternak yang
berwawasan dan memiliki kemajuan teknologi.(mcb/*)

Leave a Comment