Share

Mahasiswa PEM AKA Migas Kunjungi Blok Cepu

Bojonegoro, 19/4 (Media Center) – Puluhan mahasiswa dari berbagai kampus yang tergabung dalam Energy Festival Politeknik Energi dan Mineral (PEM) AKA Migas mengunjungi Lapangan Banyu Urip, pada Kamis (19/4/2018). Para mahasiswa jurusan teknik ini belajar langsung dengan para ahli dan insinyur di Lapangan Banyu Urip yang dioperatori oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) tersebut.

“Kami menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan, termasuk kunjungan belajar ke sini (lapangan Bnayuurip-red),” ucap perwakilan rombongan, Aditya Eka.

Menurut Adit, PEM AKA Migas mengadakan rangkaian kegiatan seminar, talk show, pameran, dan kunjungan belajar selama satu pekan. Kunjungan dilakukan ke industri hilir migas, kantor pemasaran. Sedangkan ke industri hulu migas hanya dilakukan ke Lapangan Banyu Urip.

“Kami memilih Lapangan Banyu Urip karena kami tahu operator Lapangan ini yaitu ExxonMobil adalah perusahaan hebat, kelas dunia yang harus kita ambil ilmunya,” ungkapnya bersemangat.

Sementara mahasiswi asal Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Aurelia LD Paulina mengaku baru pertama kali datang ke wilayah Blok Cepu. Baginya, wilayah Blora dan Bojonegoro sangat kaya minyak, dan kaya ilmu perminyakan.

“Di sini sangat baik untuk menuntut ilmu teknik, terutama bagi kita yang ingin bekerja di industri hulu migas,” tukasnya.

Juru bicara dan humas EMCL, Rexy Mawardijaya mengatakan, pihaknya sangat terbuka bagi kunjungan-kunjungan semacam ini. Sudah banyak kampus yang melakukan kegiatan serupa di lokasi kebanggaan nasional tersebut.

“Kunjungan seperti ini merupakan sarana sosialisasi kami. Sehingga kami bisa memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat,” kata Rexy.

Kunjungan kali ini disambut oleh wakil kepala teknik, Gunawan S. Nugroho. Dalam kesempatan tersebut, Gunawan juga menjelaskan proses produksi di Lapangan migas Banyu Urip. Dia juga menjelaskan bagaimana Lapangan ini bisa menghasilkan 25 persen produksi minyak nasional dengan selamat dan aman.

“Keselamatan lebih dari sekadar prioritas, safety adalah nilai-nilai yang kita tanamkan dalam setiap aktivitas kami,” pungkasnya.(*mcb)

Leave a Comment