Share

Mampu Bersaing, Beras Petani Bojonegoro Masuk Mini Market

Bojonegoro, 20/1 (Media Center) – Hasil panen petani Kabupaten Bojonegoro di Kecamatan Gayam dan Kalitidu berhasil menembus pasar modern atau mini market milik Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (KAREB). Hal ini, bisa diwujudkan melalui Koperasi Produsen Agribisnis (KPA) Makmur Sejahtera Bersama yang menaungi para petani ini sudah menjalin kerjasama dengan koperasi Kareb.

Ketua KPA, Darusman menjelaskan, untuk tahap awal pihaknya berhasil mengirim suplai beras yang dihasilkan petani lokal.

“Kemarin kita sudah suplay 1,5 ton beras,” jelasnya pada kanalbojonegoro.com, pada Kamis (19/1).

Selain menyuplai beras, Darusman menambahkan, kerjasama ini juga nantinya berkembang pada suplai makanan olahan, beras semi organik dan mentik wangi.

“InsyaAllah, target Februari mulai memasok makanan ringan,” imbuh petani dari Desa Ngraho, Kecamatan Gayam ini.

Darusman melanjutkan, jika bisa diterima oleh para konsumen, maka pihaknya akan teratur mengirimkan suplai beras. Sayangnya, lanjut dia, hingga saat ini pihaknya belum memiliki laat produksi yang berkapasitas besar.

Sementara itu, perwakilan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Joni Wicaksono mengatakan, kerjasama KPA ini merupakan bagian dari program Pengembangan Mata Pencaharian Masyarakat di sekitar wilayah operasi EMCL. Program yang didampingi Yayasan Bina Swadaya ini, jelas Joni, sudah membentuk beberapa kelompok petani dalam wadah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

“Kita juga membentuk dua koperasi sebagai wadah pemasaran dan permodalan,” katanya.
Joni berharap, melalui program pengembangan ekonomi ini, bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar wilayah operasi EMCL. Saat ini, kata dia, EMCL melakukan berbagai program kemasyarakatan di bidang pendidikan, kesehatan dan pengembangan ekonomi.
“Ini komitmen kami, sebagai tetangga yang baik, kami terus bersinergi dengan pemerintah,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment