Share

Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Mulyoagung Beri Sembako bagi Warga Isoman

Bojonegoro – Pemerintah Desa Mulyoagung Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro memberikan bantuan sembako bagi warga positif covid-19. Bantuan ini sebagai upaya mempercepat penanganan pandemi covid-19 berbasis desa.

Pemberian bantuan ini juga sesuai Surat Edaran Kementerian Keuangan Nomor 2 Tahun 2021 dan Instruksi Kementerian Desa/Inmendesa Nomor 1 Tahun 2021 serta Surat Edaran Bupati No 465/202/412.211/2021 yang menyebut Dana Desa bisa dialokasikan untuk bantuan bagi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

Hal ini sejalan dengan harapan dan perintah Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah untuk segera menyalurkan bansos kepada warga yang terdampak pandemi covid-19.“Harapannya dengan adanya bantuan dari alokasi DD dapat meringankan beban bagi yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Bupati Anna.

sementara itu, Kepala Desa Mulyoagung, Abdi Nugroho menuturkan bahwa Berdasarkan Instruksi Menteri Desa PDTT Nomor 1/2021 tentang penggunaan dana desa tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPKM skala mikro di desa, maka DD dapat dialokasikan minimal 8 % untuk PPKM Skala Mikro sesuai kebutuhan desa.
Hal ini guna mendukung percepatan penanganan pandemi covid-19. Maka dari itu Pemdes memberikan beberap[a jenis bantuan kepada warga yang terdampak pandemi covid-19.

“selain melalui bantuan BLT DD, kami juga memberikan sembako bagi warga isoman yang positif covid-19,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa selain digunakan untuk sosialisasi penanganan covid-19, DD tersebut juga digunakan untuk memberi bantuan kepada warga yang melakukan isoman berupa sembako yaitu 25 kg beras , mi instan, susu, minyak goreng dan gula dengan jumlah sebanyak RP 500.000 rupiah.

“Dengan syarat menunjukkan bukti dari Dinas Kesehatan atau puskesmas terdekat bahwa benar-benar positif covid-19,” jelasnya.

Kades Mulyoagung juga menambahkan mulai Januari hingga Agustus 2021, Pemdes Mulyoagung sudah mendistribusikan bantuan berupa sembako kepada 13 Warga yang positif covid-19,

“Hal ini guna membantu warga untuk mencukupi kebutuhan pangan selama melakukan isolasi mandiri,” imbuh Kades Mulyoagung Abdi Nugroho.

Leave a Comment