Share

Mantan Pekerja Blok Cepu Terima JHT

Bojonegoro, 1/9 (Media Center) – Sebanyak 5.681 mantan tenaga kerja dari Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, mendapatkan tunjangan jaminan hari tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Sebanyak 5.681 tenaga kerja yang sudah memperoleh tunjangan JHT itu merupakan tenaga kerja yang habis kontraknya sejak Januari sampai Agustus,” ujar Kasi Jamsostek dan Kesejahteraan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sosial (Disnakertransos), Bojonegoro, Widodo, Kamis (1/9).

Sesuai data, pekerja yang mendapatkan JHT tersebut merupakan tenaga kerja yang sudah berakhir kontraknya di EPC 1, oleh PT Tripatra-Samsung Jakarta.

“Ada juga dari EPC 5, tapi jumlahnya sedikit, hanya sekitar seratus orang,” jelas dia.

Proses pengambilan tunjangan JHT dilakukan bertahap karena habisnya kontrak tenaga kerja di Blok Cepu tidak bersamaan dan membutuhkan waktu satu bulan saja. Proses di Disnakertransos dilakukan setelah semua persyaratan diserahkan kepada kantor BPJS Ketenagakerjaan.

“Sepanjang persyaratan lengkap proses pencairan JHT di BPJS Ketenagakerjaan hanya membutuhkan waktu satu bulan,” tegasnya.

Besaran JH T yang diterima mantan pekerja Book Cepu, bergantung besarnya potongan upah tenaga kerja yang dibayarkan perusahaan di tempatnya bekerja kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Kalau perolehan JHT yang diterima tenaga kerja berkisar Rp6 juta-Rp10 juta per tenaga kerja,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment