Share

Masa Panen, 400 Babinsa Awasi Sawah di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Sekitar 400 Bintara Pembina Desa (Babinsa) ikut berperan aktif mengawasi petani yang tengah panen padi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Tujuannya, selain membantu petani agar tidak tergantung ke tengkulak, juga hasil panen dijual ke Badan Urusan Logistik (Bulog) di daerah.

Komandan Distrik Militer Bojonegoro, Letnan Kolonel Donova Tri Pamungkas, Rabu (19/8), mengatakan, pelibatan sekitar 400 anggota Babinsa ini, atas kerjasama pelbagai pihak. Yaitu dari Kodim 0813, Bulog Subdivisi Regional III Bojonegoro dan Dinas Pertanian Bojonegoro. Tujuannya, untuk kemandirian beras nasional dan juga membantu petani terbebas dari ketergantungan tengkulak.

“Lebih pengawasan dan distribusi beras,” ujarnya pada kanalbojonegoro.com.

Selain itu, lanjut Donova, anggota Babinsa yang tersebar di 28 Koramil di Bojonegoro ini, juga dilibatkan mengawasi peredaran pupuk dari distributor ke petani. Pengawasan juga melibatkan petugas penyuluh lapangan dari Dinas Pertanian untuk mendatangi petani-petani di desa-desa. Hasilnya, cukup efektif menekan terjadi tindakan seperti pemalsuan pupuk, juga peredaran dari distributor-agen dan terakhir di petani.

Di Bojonegoro sendiri, meski kemarau memuncak, sejumlah kecamatan—terutama berlokasi di pinggir Sungai Bengawan Solo, juga telah memasuki panen. Di antaranya di Kecamatan Balen, Kalitidu, Gayam dan sejumlah tempat di Kecamatan Kasiman serta Kanor. Biasanya jika panen datang, satu petak sawah minimal diawasi satu anggota Babinsa berikut dua petugas penyuluh lapangan.
“Kemarin kita menurunkan Babinsa di Kecamatan Balen yang tengah panen,” imbuh Donova. Menurut Kepala Bulog Subdivisi Regional II Bojonegoro Efdal Marlius Sulaiman, pengadaan beras banyak terbantu oleh hadirnya penyuluh lapangan dari Pertanian dan dari anggota Babinsa.

Bahkan, dari wilayah kerjanya, yaitu Tuban, Lamongan dan Bojonegoro, petani sebagian telah menjual hasil panennya ke Pemerintah lewat Bulog.

”Kita banyak terbantu,” tukasnya.(dj/*mcb)

Leave a Comment