Share

Masih Berstatus Siaga, BPBD Bojonegoro Siapkan Logistik Pengungsi

Hal ini untuk memberi rasa nyaman kepada masyarakat sebelum bencana terjadi

Bojonegoro (Media Center) – Mengantisipasi bencana yang bisa datang tiba-tiba, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro menyiagakan logistik untuk kebutuhan pengungsian. Menyusul status siaga bencana yang masih diberlakukan lantaran tingginya curah hujan serta kondisi debit air Bengawan Solo yang naik turun.

Logistik tersebut berupa 168 karton makanan yang berisi 84 karton makanan siap saji dan 84 karton makanan tambah gizi. “Hal ini untuk memberi rasa nyaman kepada masyarakat sebelum bencana terjadi,” ujar Amir Syahid, Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro saat ditemui di ruangannya.

Ia menyatakan bahwa hingga kini tingkat kesadaran masyarakat untuk mengungsi saat terjadi bencana masih sangat kurang. Hal ini terbukti masih banyak warga yang enggan mengungsi lantaran merasa sudah terbiasa dengan bencana banjir tahunan.

“Sementara ini kita punya shelter di kecamatan Trucuk, sudah siap 2000 paket makanan siap saji dan makanan tambah gizi untuk antisipasi saat banjir,” pungkasnya. Selain itu, BPBD mengaku juga masih mencari lokasi lain untuk membangun Posko bencana dan tempat pengungsian serupa. (liamcb)

Leave a Comment