Share

Masyarakat Bisa Lihat Data SKPD di Festival OGP

Bojonegoro, 13/10 (Media Center) – Gelaran Festival Open Government Partnership (OGP) yang akan dilaksanakan 19 – 20 Oktober mendatang akan mengundang Walikota dan Bupati se-Jawa Timur. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur dalam media gathering, Rabu (13/10).

“Selain itu, acara ini juga terbuka bagi masyarakat umum untuk melihat sejauh mana keterbukaan informasi yang telah dilakukan Pemkab Bojonegoro,” imbuhnya.

Festival OGP yang baru pertama kali digelar oleh Kabupaten Bojonegoro ini persiapannya sudah 70 persen yang meliputi pemasangan visualisasi yang akan ditampilkan. Display ini berasal dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menampilkan data-datanya.

Kusnandaka menambahkan, dalam festival OGP nanti masyarakat akan dilayani permohonan dokumen informasi terkait kegiatan yang dilakukan SKPD. “Jadi jika masyarakat ingin mengetahui transparansi anggaran seluruh SKPD, termasuk kegiatan anggaran pemerintah desa dapat dilihat di festival OGP,” imbuhnya.

Dalam festival ini, lanjut Kusnandaka, akan diumumkan pula nominasi 10 desa terbaik yang menerapkan keterbukaan informasi desa.

“Nominasi ini merupakan hasil penilaian yang dilakukan tim penilai yang terdiri dari SKPD terkait bersama lembaga swadaya masyarakat yang langsung turun ke lapangan memantau desa-desa yang direkomendasikan oleh 28 kecamatan di Bojonegoro,” jelas Tim Penilai, Joko Suharmanto.(mcb)

Leave a Comment