Share

Membangun Sinergi Hadapi Bencana di Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro melakukan Apel Terpadu bersama instansi terkait dalam rangka kesiapan memberikan pelayanan masyarakat yang terdampak bencana, Senin (6/1/2020), di Gedung Serba Guna jalan KH. Mansur Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Kota.

Apel Terpadu ini merupakan perintah langsung dari Kapolri terkait Operasi Kotijensi Aman Nusa II dalam rangka menghadapi bencana tahun 2019 – 2020.

Apel Terpadu dihadiri Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, Kepala Rumkit Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Wahyu Tetuko Bojonegoro, para Pejabat Utama (PJU) Polres Bojonegoro, Danki Sub Den 3 Detasemen C Satuan Brimob Jawa Timur serta para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bojonegoro.

Apel dipimpin oleh Kapolres. Dengan peserta Kodim 0813 Bojonegoro, Sub Den 3 Detasemen C Satuan Brimob Jawa Timur, Sat Sabhara, Damkar Kabupaten Bojonegoro, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, RS Bhayangkara Wahyu Tetuko Bojonegoro, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bojonegoro dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro.

Dalam Sambutan, Kepolres AKBP M Budi Hendrawan menjelaskan pada akhir tahun 2019 dan memasuki tahun 2020, Bojonegoro akhir-akhir ini menghadapi cuaca ekstrim seperti hujan dengan intensitas tinggi, banjir bandang, angin kencang yang hampir terjadi di seluruh Kecamatan di Bojonegoro.

Fenomena ini, kata dia, diperlukan adanya sinergi dan kerja sama antara TNI Polri, Pemerintah Daerah dan stakeholder yang lainnya. Serta perlu adanya Satuan Tugas di masing masing instansi bertanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dan jaga kekompakan selama menjalankan tugas.

“Apel terpadu ini untuk mengecek dan melihat kesiapan masing masing stakeholder sehingga apabila terjadi bencana kita sudah siap dengan tupoksinya masing masing. Sehingg perlu adanya sinergi dan kerja sama untuk mengatasi bencana,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk seperti sekarang ini, pihaknya mendirikan beberapa posko tanggap bencana di beberapa titik.

Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, menyampaikan Apel Terpadu ini untuk melihat kesiapan Satgas Bencana yang sudah terbentuk. Juga sarana saling berkomunikasi antara Polres Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro dan instansi terkait.

“Pemkab Bojonegoro siap mendukung dan bersinergi dengam Polres dan Kodim untuk mengatasi apabila terjadi bencana,” tandas Nurul.

Diakhir acara, Kapolres Bojonegoro Bersama Sekda, para pejabat utama Polres Bojonegoro, dan SKPD melihat dan mengecek kesiapan personel serta alat kelengkapan peralatan tanggap bencana.(Dwi)

Leave a Comment