Share

Mengintip Kebun Belimbing di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Rombongan Sutradara Garin Nugroho dengan Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutowo, juga artis sinetron Si Doel Anak Sekolahan Cornelia Agatha, menjadi tamu Bupati Bojonegoro Suyoto. Rombongan yang juga didampingi sejumlah Wartawan Kompas berkesempatan menikmati Agrowisata Kebun Belimbing di Ngringinrejo, Kalitidu, Bojonegoro, Minggu (29/12/2013). Berikut laporan Media Center Bojonegoro mengenai daya tarik kebun belimbing Bengawan Solo nan permai itu.

Lokasi kebun belimbing itu terletak di desa yang berada di tepian Bengawan Solo, saat ini jalan di sekitar kebun belimbing telah berubah, dari jalanan tanah menjadi paving. Selain itu, telah berdiri pulka gapura kokoh berasitektur khas jaman kerjaan di jalan masuk

Jalanan berpaving dengan suasana khas pedesaan menjadi daya tarik bagi pengunjung, terutama yang berasal dari kota besar. Memasuki kawasan tersebut, telah berdiri warung-warubg dan kios penjaja buah yang dalam bahas inggris disebut dengan star fruit.

Harga buah belimbing di kawasan tersebut, relatif terbilang terjangkau, berkisar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu/kilogramnya.”Saat panennya banyak, harga belimbing berkisar Rp 4 ribu sampai Rp7 ribu/kilogram,” jelas Nanik, pedagang buah belimbing di kawasan tersebut..

Data dari Badan Kerja Sama Antar Desa (BKSA) Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, di desa setempat ada sekitar 50 petani yang memiliki pohon belimbing dengan jumlah berkisar 40-200 pohon belimbing/warga dengan luas 18 hektare.

Tempat itu cukup ramai dikunjungi saat hari-hari libur, tak hanya masyarakat setempat, terkadang wisatawan dari luar daerah juga datang berbondong-bondong. Biasanya mereka ke kebun belimbing membeli untuk oleh-oleh kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Bendung Gerak yang berlokasi tak jauh dari kebun belimbing milik warga tersebut.

Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, yang berada di tepian Bengawan Solo hanya berjarak sekitar 13 kilometer dari Kota Bojonegoro. Lokasi wisata setempat sangat mudah ditempuh dari arah selatan maupun utara Bengawan Solo karena Bendung Gerak juga dilengkapi dengan jembatan. (*/samcb)

Leave a Comment