Share

Menkominfo: Pembangunan SDM Perkuat Kebangkitan Indonesia di Era Digital

Bojonegoro, 21/5 (Media Center) – Peringatan ke 110 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2018 di Kabupaten Bojonegoro berlangsung khidmat dengan dipimpin oleh Inspektur Upacara Letkol arh Redinal Dewanto, Dandim 0813. Upacara dilaksanakan di Alun-alun kota Bojonegoro, Senin (21/5) yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa, organisasi sosial kemasyarakatan, TNI, Polri, Korpri dan pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Inspektur Upacara, Letkol arh Redinal Dewanto membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Salah satu isinya adalah penyadaran masyarakat untuk mengembangkan diri.

“Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini harus dimaknai dengan upaya upaya penyadaran setiap masyarakat indonesia mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta,” ucap inspektur upacara mengutip sambutan Menkominfo.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan. Hal ini dilakukan agar bangsa ini bangkit secara bersama sama dalam kerangka kebangsaan indonesia. Bercermin dari Keberhasilan Boedi Oetomo menggalang ide nasionalisme mulai dengan segelintir orang seabad lalu, maka apa jadinya jika seluruh sumber daya manusia unggul kita saat ini berhimpun dalam ide nasionalisme yang sama, dalam cita-cita untuk kejayaan bangsa yang sama.

Sedangkan sumber daya manusia kita menyediakan kapasitas dan kapabilitas yang sangt luas untuk dikembangkan. Kebangkita sumber daya manusia Indonesia secara bersama-sama dan kompak, tanpa terdistraksi oleh godaan-godaan yang kontraproduktif, akan membawa kepada kejayaan bangsa, selain secara otomatis bagi individu-individunya sendiri”.

Upacara peringatan Harkitnas kali ini bertemakan “Pembangunan sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkitan Indonesia di era digital”. Tujuan peringatan 110 tahun kebangkitan Nasional Tahun 2018 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai menggelar upacara di Alun-alun, dengan berjalan kaki para forpimda melanjutkan peringatan Harkitnas dengan ziarah ke makan pahlawan (TMP) yang terletak tak jauh dari lokasi upacara.(*mcb)

Leave a Comment