Share

Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, Warga Bojonegoro Diajak Ikuti Sensus Penduduk Online

Bojonegoro, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro bersama Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan rapat koordinasi (Rakor) Satu Data Kependudukan Koordinasi dan Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, di Ruang Partnership, Selasa (18/2/2020).

Rakor tersebut dalam rangka menyukseskan program Pemerintah Indonesia, Sensus Penduduk Online (SPO) menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Rakor dihadiri oleh Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Assisten I II III, staff ahli, Forkopimda, serta kepala OPD.

Kepala BPS Bojonegoro, Firman Bastian menjelaskan ensus penduduk 2020 bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat harus berpartisipasi secara aktif dalam sensus penduduk online ya g dimulai pada Bulan Februari – Maret.

“Kita harus menunjukkan dukungan terhadap program pemerintah pusat. Kegiatan ini sebagai sarana untuk menyampaikan informasi serta data maka dari itu kerjasama dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Sebelumnya sensus penduduk telah disosialisasikan dengan kegiatan Goes to Campus yang berkolaborasi dengan Universitatas Bojonegoro dan IKIP PGRI Bojonegoro, melalui radio-radio, media sosial serta ke instansi-instansi pemerintahan.

“Nanti sosialisasi juga akan kita laksanakan dengan bentuk rakor yang mengundang kepala desa atau lurah,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyampaikan bahwa sensus penduduk juga sebagai alat ukur semua keberhasilan dari semua pembangunan.

“Kami berharap sosialisasi serta pelaksanaan SPO nantinya dapat terlaksana dengan baik,” sambung Bu Anna, panggilan akrab Bupati Bojonegoro.

Selain partisipasi aktif, pemerintah juga berharap masyarakat dapat mengoptimalkan teknologi serta budaya cinta data.

“Kita harus mengecek serta evaluasi agar nantinya menghasilkan data yang akurat,” pesannya.

Masyarakat yang wajib berpartisipasi dalam sensus penduduk 2020 adalah warga negara Indonesia (WNI), serta warga negara asing (WNA) yang telah, dan akan tinggal selama minimal satu tahun.(humas/Dwi)

Berikut cara untuk melakukan Sensus Penduduk Online :

  1. Buka browser internet lalu klik laman resmi sensus.bps.go.id kemudian login
  2. Isi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap
  3. Unduh bukti telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online pada tampilan akhir
  4. Selesai

Leave a Comment