Share

Menunggu Renovasi, RSUD Siap Operasikan RS Type B

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoema, menyatakan siap mengoperasikan RS Type B, termasuk penyediaan alat dan tenaga medisnya

Bojonegoro (Media Center) – Sementara itu, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoema, menyatakan siap mengoperasikan RS Type B, termasuk penyediaan alat dan tenaga medisnya. Menurut Sunhadi, Direktur RSUD, saat ini pihaknya menunggu proses renovasi gedung yang terletak di kawasan Jalan Veteran, Kota Bojonegoro.

Sunhadi mengatakan, nantinya setelah RS Type B di Jalan veteran telah beroperasi maka pihaknya harus menyiapkan berbagai keperluan yang disesuaikan dengan standar type B itu sendiri. Diantaranya adalah 300 tempat tidur lengkap dengan tenaga medisnya. “Mulai dari perawat hingga dokter, kira-kira 899 personel,” terangnya. Selain tenaga medis, pihaknya juga menyebutkan kebutuhan peralatan pendukung lainnya, seperti mebeler dan berbagai kelengkapan lainnya.

Meski diakui bahwa biaya yang dibutuhkan sangat besar, Sunhadi mengatakan bahwa semua proses yang ada akan dilakukan secara bertahap. Masih menurut Sunhadi, nantinya anggaran yang dibutuhkan adalah Rp 179 Miliar. Itu meliputi penyediaan alat kesehatan senilai Rp 101 M dan Rp 78 M untuk kebutuhan operasionalnya. Dari anggaran sebesar itu, pihak RSUD melalui pendapatan rumah sakit hanya akan menangani biaya operasionalnya, sementara untuk pengadaan alat kesehatan yang mencapai 101 milyar tersebut akan dipenuhi baik dari APBD Kabupaten maupun propinsi.

Ditambahkan, renovasi RSUD dijalan Veteran nantinya terbagi dalam tiga hal yakni memperbaiki yang rusak, menyesuaikan dengan standart medis dan yang ketiga adalah menyelesaikan yang belum selesai . Dengan tegas, Sunhadi mengungkapkan bahwa setelah proses renovasi selesai maka akan segera dioperasikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. (*/hmsmcb)

Leave a Comment