Share

Mercy Corps Indonesia Gelar Kompetisi Bisnis

Bojonegoro (Media Center) – Mercy Corps Indonesia di dukung oleh ExxonMobil Cepu Limited telah membuka pendaftaran Kompetisi Bisnis bagi wirausahawan muda yang telah memulai atau mengembangkan usaha minimal berjalan selama 2 bulan. Kompetisi ini berlangsung secara terbuka untuk kewirausahaan pemuda program TANGGUH II.

Pendaftaran dan pengumpulan persyaratan peserta dibuka selama bulan November, selanjutnya pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi akan dilakukan pada bulan Desember tahun ini. Salah satu syarat untuk lolos administrasi adalah peserta harus lancar dalam pengembalian modal ke Koperasi mitra Program TANGGUH II.

“Tanggal 10-30 November pendaftaran dan pengumpulan persyaratan peserta untuk diseleksi. Panitia akan mengumumkan peserta yang lolos administrasi pada 2 Desember tahun ini. Surat keterangan lancar angsuran juga harus dilampirkan dalam tahap ini.” kata Ardiansyah Hasibuan, Program Manager TANGGUH II.

Ardiansyah menambahkan, proses penjurian akan dimulai pada 8-10 Desember. Tim juri terdiri dari tiga orang yaitu Agni Pratama Direktur Pengembangan Ekonomi Mercy Corps Indonesia, Beta Wicaksono Public and Government Affair ExxonMobil Cepu Limited dan Endah Retnaningroem Kasi Usaha dan Sarana Disperindag Bojonegoro. Ketiga juri akan mengunjungi langsung tempat usaha peserta di 10 desa di Kecamatan Gayam. Tim juri akan menilai kemajuan pelaksanaan rencana bisnis, penjualan, pemasaran dan kepuasan pelanggan.

Selanjutnya pada 11 Desember dewan juri akan mengumumkan lima peserta terbaik peringkat pertama dan lima peserta terbaik peringkat ke dua. Para peserta yang masuk peringkat pertama akan mendapatkan tambahan modal pengembangan usaha sebesar Rp6 juta rupiah dan Rp4 juta rupiah untuk peserta terbaik yang masuk peringkat ke dua.

“Tambahan modal pengembangan usaha tidak diberikan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk barang untuk kebutuhan pengembangan usaha. Rencana belanja perlengkapan usaha bagi pemenang akan dilakukan pada 16-24 Desember.” ujar Ardiansyah Hasibuan.

Kompetisi bisnis adalah bagian dari proses pendampingan kewirausahaan pemuda untuk memotivasi mereka serta membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap kewirausahaan pemuda. Kompetisi Bisnis bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada wirausahawan muda program TANGGUH II yang menunjukkan kemajuan yang baik dengan menerapkan rencana bisnis mereka yang telah mereka kembangkan sebagai bagian dari program peningkatan kapasitas bisnis.(dwi/*mcb)

Leave a Comment