Share

Meriahkan Festival Kartini Bojonegoro, 28 Tim PKK Ikut Lomba Cipta Menu dan Kerajinan Batik

Bojonegoro, Media Center – Rangkaian acara Festival Kartini digelar di Gedung Serbaguna Bojonegoro sejak Minggu (21/4/2019). Festival Kartini dengan tema “Lomba Cipta Menu dan Pelatihan kerajinan Berbahan Batik” digelar oleh Dinas Ketahanan pangan dan bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Tim Penggerak PKK kabupaten Bojonegoro.

Pada hari pertama, Minggu (21/04/2019) sukses digelar Talk show Festival Kartini di gedung Serbaguna dan berjalan sangat meriah. Untuk Senin (22/4/2019) hari ini digelar lomba cipta menu dan kerajinan batik. Hadir dalam acara ini, diantaranya istri Wakil Bupati Bojonegoro Endah Wahyu Utami selaku ketua tim penggerak PKK dan kepala dinas ketahanan pangan serta Jajaran OPD setempat.

Endah Wahyu Utami, Ketua Tim Penggerak PKK menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat budaya, potensi, dan menjaga hubungan baik antar tim.

Wanita yang berprofesi sebagai dokter ini juga mengatakan jumlah peserta kegiatan ini diikuti oleh 28 Tim Penggerak PKK kecamatan Se-kabupaten Bojonegoro dan sejumlah peserta lomba peragaan busana.

“Sebanyak 28 Tim mengikuti kegiatan ini, dan beberapa peserta Lomba peragaan busana juga hadir. Ini adalah suatu pencapaian yang bagus untuk prospek Bojonegoro kedepannya. Saya harap hal seperti ini terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang,” tuturnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Soeharto, yang mewakili Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, ┬ámengatakan kegiatan semacam ini merupakan momentum yang baik dalam membentuk perekonomian. Ia berharap kegiatan seperti ini diagendakan setiap tahun untuk menghargai perjuangan Ibu Kartini sebagai Tokoh Perempuan Indonesia.

“Ini merupakan langkah positif demi menjaga potensi yang ada dan menghargai jerih payah serta perjuangan perempuan yang digambarkan oleh RA.Kartini,” pungkasnya.

Acara lomba cipta menu dan kerajinan batik ini dimeriahkan oleh seni keroncong dan seni tari. Para peserta juga dimanjakan oleh beberapa stand makanan yang berada di dalam gedung.

Sebelum acara ditutup, para peserta lomba mendapatkan apresiasi berupa hadiah di masing-masing lomba yang diikuti. Aspek penilaian dari lomba meliputi penampilan, nilai jual, proses memasak, dan nilai gizi yang terkandung.

Untuk penilaian lomba peragaan busana yaitu kreativitas ornamen serta kepercayaan diri dari peserta yang ikut.

DAFTAR PEMENANG LOMBA

Juara Pertama: Tim PKK Balen

Juara Kedua: Tim PKK Gondang

Juara Ketiga: Tim PKK Malo

Juara Harapan 1: Tim PKK Kedungadem

Juara Harapan 2: Tim PKK Kalitidu

Juara Harapan 3: Tim PKK Sekar

Juara Favorit: Tim PKK Margomulyo (Nuget Telo). (Alfan/NN)

 

Leave a Comment