Share

Meriahkan Hari Jadi Jatim, Bojonegoro Kirim Kelompok Seni

Bojonegoro, 10/10 (Media Center) – Turut memeriahkan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, kabupaten Bojonegoro mengirimkan sekitar 90 orang pada Senin (10/10). Kelompok seni Bojonegoro ini akan menampilkan Teater Tradisi yang akan dibawakan oleh pelajar SMA 1 dan SMKN2 Bojonegoro, Musik tradisi oleh SMK dan SMP Margomulyo, tari kreasi tradisi dan musikalisasi puisi oleh para guru SMA dan SMK

“Senin kita berangkat dan gladi bersih, Selasanya kita tampil. Ada 90 orang yang akan tampil,” kata Suyanto, Penggerak Teknis Kegiatan saat di Pawai Budaya tingkat SMA/MA/MK dan umum, Minggu (9/10).

Dalam ajang ini, untuk kesenian teater tradisi Bojonegoro akan mengangkat tentang sejarah berdirinya Bojonegoro. Dengan menampilkan tokoh Sosrodilogo saat runtuhnya runtuhnya Kabupaten Rajekwesi.

Sedangkan untuk kelompok musik tradisi akan mengangkat tentang sikap dan ajaran samin yang dikenal luhur, jujur, tangguh, tanggap dan peduli.

“Itu menjadi sebuah slogan Samin is me atau Samin adalah saya, kalau digabung menjadi kalimat saminisme,” ujar pria yang menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemudaan dan Seni Sekolah Dinas Pendidikan Bojonegoro itu.

Sementara untuk kelompok musikalisasi puisi akan mengangkat puisi berjudul “Surabaya Ajari Aku Tentang Kejujuran”. Puisi ini karya Aming Aminudin dari Mojokerto yang akan dibawakan oleh guru-guru.

“Untuk tari kreasi akan menampilkan tari khas Bojonegoro yakni Tari Thengul,” ucap Yanto.

Dengan penampilan Kabupaten Bojonegoro di ajang Provinsi ini, diharapkan dapat mempromosikan sejarah, budaya dan seni lokal Bojonegoro kepada masyarakat luas.(dwi/mcb)

Leave a Comment