Share

Meriahnya Festival Bengawan Bojonegoro 2018

Bojonegoro, 31/12 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui dinas Pariwisata kembali menggelar Festival Bengawan yang menjadi acara rutin setiap tahun.  Jika sebelumnya Festival Bengawan digelar tak lama setelah rangkaian Hari Jadi Bojonegoro (HJB), di 2018 ini festival yang dilaksanakan di sungai Bengawan Solo ini digelar di penghujung tahun, yakni pada Sabtu-Minggu (29-30/12/2018) dengan mengambil tempat di Lapangan Sale, Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu.

Rangkaian Acara Festival bengawan dimulai dengan penampilan tradisional dari grup Lesung Merana Jaya binaan Oki Dwi Cahyo, salah satu seniman lokal asal Bojonegoro yang aktif di berbagai kegiatan seni. Grup ini digawangi oleh ibu-ibu yang terampil memainkan lesung menjadi alat musik. Di hari pertama, acara dilanjutkan dengan ‘Sarasehan Bengawan dan Lingkungan’ dengan narasumber Budayawan Seniman Kondang, yaitu Bramantyo Prujosusilo dan Ketua Presidium Sungai Indonesia yaitu Semar Suwito.

Di hari kedua, Minggu (30/12/2018), Parade perahu hias diberangkatkan langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Muawanah. Ada 10 perahu dari desa, 11 perahu dari peserta umum dan tiga perahu VIP yang turut dalam parade yang finish di Taman Bengawan SOlo (TBS).

Parade perahu hias

Wanita yang akrab disapa Bu Anna ini  mengatakan, festival ini sebagai ajang untuk menjaga kebersihan lingkungan bengawan solo dari sampah, agar bengawan solo menjadi bersih.

“Mari jaga bersama kebersihan bengawan solo dari sampah,” pesan wanita berjilbab ini.

Di garis akhir, ada 43 pelukis yang nanti hasil lukisannya akan dilelang pada malam penutupan Festival Bengawan Solo. Selain itu ada 23 sastrawan dan ada 25 pelajar yang akan membacakan puisi. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa menambah kegiatan yang bisa mendatangkan wisatawan ke Bojonegoro.

Bupati bersama pejabat pemkab Bojonegoro turut mengarungi Bengawan solo

Didik Wahyudi, Ketua Panitia Festival Bengawan mengatakan, berbagai lukisan karya seniman akan dilelang malam ini. Pihaknya mengaku telah mengundang sejumlah pengusaha, sebagai peserta lelang.

“Lelang ini sifatnya umum. Kami mengundang para pengusaha, perwakilan perusahaan minyak dan politisi untuk turut berpartisipasi,” kata Didik.(*mcb)

Foto: Humas Pemkab Bojonegoro

Leave a Comment