Share

Mojodeso Wakili Jatim Lomba Kebersihan Tingkat Nasional

Bojonegoro, 20/4 (Media Center) – Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mewakili Provinsi Jawa Timur, dalam lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat Nasional,” kata Kepala Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Bojonegoro Warsiman, Kamis.

Sesuai rencana, lanjut dia, penilaian lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat Nasional pada 26 April 2017.

Ia menjelaskan terpilihnya desanya dalam lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat Nasional mewakili Jawa Timur, karena sudah melalui proses seleksi administrasi.

Sesuai laporan bahwa pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dari Kabupaten/Kota telah dilaksanakan oleh Tim Penilai Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Jawa Timur, pada 25-26 Januari 2017.

Penilaian, lanjut dia, meliputi aspek administrasi dan peran aktif pelaksanaan program KB dan kesehatan.

“Berdasarkan penilaian tim maka ditetapkan Bojonegoro masuk nominasi peserta lomba kategori lingkungan bersih dan sehat (LBS),” ucapnya menegaskan.

Untuk selanjutnya, menurut dia, akan dilaksanakan penilaian lapangan dengan mengambil lokasi di Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas.

lebih lanjut ia menjelaskan berbagai elemen masyarakat di desanya mulai jajaran pemdes, RT/RW dan masyarakat, ibu kader PKK, Dasa Wisma terbiasa membentuk kesadaran dari terbiasa dengan hidup bersih dan sehat.

Tim Pembina PKK Jawa Timur, menurut dia, pernah melihat kegiatan warga di desanya, mulai pengelolaan bank sampah, pemanfaatan biopori, dan cinta lingkungan.

Selain itu juga pengelolaan air minum, rumah sehat, kebun sehat, bergizi posyandu (KSBP), taman Posyandu, PIK R, Kebun Dasa Wisma, Rumah kompos, Kerajinan Limbah Plastik, dan RIC di 24 titik.

Ia menambahkan TP PKK Provinsi Jawa Timur melakukan pembinaan menjelang penilaian lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat Nasional. (Imam Cahyono/media center)

Leave a Comment