Share

Musim Panen, Transaksi di Pasar Sapi Menurun

, saat ini harga sapi hidup per kilogramnya cenderung turun. Dari harga semula yakni sekitar Rp43.000,- per kg menjadi Rp41.000,- per kg

Bojonegoro (Media Center) – Tak seperti biasanya, suasana di pasar hewan Bojonegoro akhir-akhir ini cenderung sepi. Hal ini lantaran para petani di berbagai daerah di Bojonegoro telah memasuki musim panen. Suasana di Pasar sapi Bojonegoro yang buka tiap hari Kamis ini cenderung lebih sepi dibanding beberapa minggu lalu.

Seperti yang dinyakatan Indro, salah satu pedagang sapi. Ia mengaku, saat ini harga sapi hidup per kilogramnya cenderung turun. Dari harga semula yakni sekitar Rp43.000,- per kg menjadi Rp41.000,- per kg, menurutnya, meski harganya mengalami penurunan namun pembeli juga sepi.

“Harga sapi hari ini (Kamis, 27/3/2014) turun, tapi pasarnya sepi karena sekarang banyak yang panen,” ujar Indro usai melakukan nego dengan salah satu calon pembeli. Hal serupa juga dikeluhkan oleh beberapa pedagang lainnya, namun, mereka merasa maklum lantaran kondisi seperti ini sudah biasa terjadi.

Menurut mereka, usai masa panen nanti biasanya aktivitas jual beli sapi ini akan kembali ramai. “Waktu panen seperti sekarang ya sepi, tapi nanti habis panen ramai lagi,” kata Parto, pedagang asal kecamatan Balen, Bojonegoro. Menurutnya, penurunan harga sapi ini memang dipengaruhi dengan kondisi pasar yang sepi semenjak beberapa minggu terakhir.

Di pasar hewan Bojonegoro ini, para pembeli yang berdatangan tak hanya dari dalam Kabupaten Bojonegoro tapi juga dari beberapa daerah lain seperti Nganjuk, Surabaya hingga Pontianak. (*/lyamcb)

Leave a Comment