Share

Polres Bojonegoro Amankan Naskah Soal Tes Perangkat Desa

Bojonegoro, 31/8 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melibatkan enam perguruan tinggi negeri di Jawa Timur dan Jawa Tengah dalam pembuatan soal ujian tes perangkat desa.
Selain itu, distribusi soal akan melibatkan aparat keamanan dan mengamankan naskah ujian di Mapolres Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro dalam kesempatan ini mengatakan bahwa pihaknya akan turut menjaga pelaksanaan pengisian perangkat desa ini. Pihaknya bersama panitia akan menjemput soal kemudian mengamankan di Mapolres Bojonegoro.

“Untuk menjaga keamanan ini soal akan digembok yang kemudian gembok nanti akan dibawa oleh satu orang personil kepolisian dan satu orang dari panitia,” ujarnya.

Kapolres menegaskan, sejak awal pihaknya sudah mengawal proses ini dengan melibatkan berbagai unsur mulai media, masyarakat dan organisasi non pemerintahan untuk menjaga ruh pelaksanaan pengisian perangkat desa yang transparan, akuntabel dan partnership sebagaimana Open Goverment Partnership (OGP) yang menjadi nafas pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Bojonegoro, Drs. Ec. Djumari menjelaskan bahwa tahapan pengisian perangkat desa sudah mulai dilaksanakan dan seleksi akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Djumari menuturkan dewasa ini dibutuhkan sosok aparatur desa yang memiliki beberapa kriteria antara lain aparatur pemerintah desa yang bisa berpikir analisi dalam mengambil keputusan, bertindak responsif, memiliki kepribadian dan loyalitas yang tinggi.

Selain itu sosok aparatur yang memiliki leadership dan mampu bekerjasama dan kelima adalah mempunyai kemampuan akadmis. Selain itu dalam prasyarat mendaftarkan diri ini adalah calon harus memiliki kemampuan IT.(*dwi/mcb/humas)

Leave a Comment