Share

Nelayan Tuban Tak Terganggu Tumpahan Minyak

Bojonegoro (Media Center) – Sejumlah nelayan di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menyatakan tidak terganggu dengan adanya tumpuhan minyak mentah di perairan laut Tuban. Namun mengkhawatirkan minyak mentah yang belum bersih di laut akan mematikan ikan-ikan kecil.

“Kalau tumpahan minyak mentah tidak dibersihkan, bisa mengakibatkan ikan-ikan mati, sebab sudah ada ikan yang mati,” kata seorang nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang, di Kecamatan Palang, Tuban Budi, Jumat (21/8).

Ia menunjukkan sisa tumpahan minyak mentah yang berada di sekitar lokasi TPI Palang, yang warnanya mengkilat mirip pelangi.

“Di air yang warnanya warna-warni seperti pelanggi itu, tumpahan minyak mentah dari tengah laut yang menepi,” jelasnya.

Namun, menurut dia, juga nelayan lainnya, Riyadi dan Edi, nelayan di pantura Tuban, tidak terganggu, sebab para nelayan dalam mencari ikan lokasinya, tidak di lokasi tumpahan minyak, tapi lebih jauh lagi.

“Lokasi bocornya pipa minyak sekitar 5 mil atau sekitar 7,5 kilometer dari daratan,” ucap Edi, yang baru saja pulang melaut.

Seorang nelayan warga Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban Ridwan, menjelaskan para nelayan tahu ada tumpahan minyak di tengah laut di sekitar Kecamatan Palang, Tuban sejak Kamis (20/8).

Menyusul setelah itu, menurut dia, ada sejumlah petugas dari perusahaan minyak, dengan kapal, melakukan pembersihan minyak mentah di tengah laut dan memperbaiki bocornya pipa.

“Salah satu kapal memperbaiki pipa bocor di bawah laut. Kapal yang lainnya membersihkan tumpahan minyak,” ucapnya, seraya menunjukkan dua kapal di tengah laut.

Dari keterangan yang diperoleh, Public Government Afairs ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) Rexi Mawardijaya, menjelaskan tumpahan minyak di sekitar laut Palang, Tuban, bukan berasal dari minyak produksi Blok Cepu di Bojonegoro.

Meski demikian, katanya, produksi minyak Blok Cepu di Kecamatan Gayam, sekitar 50 ribu barel/hari, sempat dihentikan karena adanya laporan tumpahan minyak di tengah laut Palang, Tuban.

“Produksi minyak Blok Cepu normal kembali Jumat (21/8),” ucapnya. (*mcb).

Leave a Comment