Share

Nikmatnya “Bothok Jendhil” di Warung Sumintri

Bojonegoro, 26/9 (Media Center) – Menikmati menu makanan berbagai aneka ikan Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, tidaklah sulit bisa dijumpai di berbagai warung makanan. Bahkan sekarang restoran juga ikut menyanyikan sensasi menu ikan sungai terpanjang di Jawa itu.

Salah satunya di Warung Sumintri (53) di Kelurahan Jetak, Kecamatan Kota, yang menyediakan berbagai aneka ikan Bengawan Solo, tidak hanya goreng, tapi juga berupa sayur asem-asem patin, rengkik, dan bothok ikan jendhil Bengawan Solo.

“Saya berjualan menu ikan Bengawan Solo sudah sejak 1987,” kata dia di warungnya, Rabu (26/9).

Menurut dia, berbagai aneka ikan Bengawan Solo, selalu mudah diperoleh pada musim kemarau. Tapi, pada musim hujan ikan Bengawan Solo nyaris tidak bisa diperoleh, sehingga warungnya tidak berjualan.

“Biasanya Januari sampai Maret saya tidak berjualan menu ikan Bengawan Solo. Penggantinya ya ikan air tawar seperti lele, juga patin tambak,” ucapnya.

Ia mengaku bisa memperoleh berbagai aneka ikan Bengawan Solo, mulai jendhil, rengkik, patin dan tawes, termasuk ikan kuthuk di pasar.

“Saya biasanya membeli berbagai aneka ikan Bengawan Solo segar di pasar berkisar Rp200.000-Rp300.000 per hari. Ikan itu kemudian saya jual kembali setelah dimasak,” ucapnya.

Ia menjual menu asem-asem rengkik/patin, juga goreng termasuk bothok jendhil berkisar Rp19.000-Rp20.000 per hari belum termasuk minuman.

“Pengemar menu ikan Bengawan Solo di warung saya dari berbagai kalangan,” ucapnya menambahkan.

Seorang warga Desa Kauman, Kecamatan Kota, Bojonegoro Abdul Manan mengaku berbagai aneka ikan Bengawan Solo sudah menjadi menu langganannya.

“Ya kalau saya tidak hanya doyan, tapi suka sekali menu ikan Bengawan Solo,” ujarnya.

Ia datang ke warung setempat bersama tiga temannya yang semuanya menyantap menu asem-asem patin dan bothok jendil Bengawan Solo.

“Rasanya nikmat, karena bisa mencucupi kepala ikan patin atau rengkik yang disayur asem-asem,” ucap Kelik pembeli di warung itu. (*/mcb)

Leave a Comment