Share

Nikmatnya Kikil Sapi Sambal Kelapa Mbak Sukarsih Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Menu kikil sapi mudah diperoleh di berbagai tempat di Kabupaten Bojonegoro, juga daerah lainnya, di Jawa Timur.

Tapi, memperoleh menu kikil sapi yang dilengkapi dengan sambal kelapa, juga dengan rasa pedas, barangkali hanya ada di warung Mbak Sukarsi, warga Desa Ngroworejo, Kecamatan Kota.

“Saya hanya meneruskan masakan khas kikil sapi yang dirintis almarhum ibu saya (Suminah),” katanya, dalam perbincangan dengan kanalbojonegoro.com, Minggu (16/8).

Ia mengakui masakan kikil sapi sambal kelapanya agak berbeda dengan rasa, menu kikil sapi, sambal kelapa, masakan ibunya Suminah, seperti proses memasak sambal kelapa yang sudah tidak dipanaskan dengan genteng.

Semasa ibunya berjualan menu kikil sapi sejak 1964, menurut dia, katanya, sambal kelapa selalu diproses dengan genteng yang dibakar dengan kayu.

Setelah ibunya meninggal, ia yang meneruskan menu kikil sapi masakan ibunya, sejak 2005, sudah tidak lagi memproses cara pembuatan sambal kelapa dengan cara dibakar dengan genteng. Cara memasak sambal kelapa hanya dikukus.

“Saya kesulitan membakar genteng. Tidak ada tempat membakar, sebab sekarang memanfaatkan kompor gas,” jelas dia.

Meski demikian, ia sudah memperoleh masukan dari seorang pelanggannya agar menu kikil sapi sambal kelapa tetap dibakar yaitu memanfaatkan cobek yang dipanaskan di kompor gas.

“Kalau sambal kelapa diproses dengan cara dibakar dengan genteng, memang akan semakin nikmat,” tuturnya.

Meski sambal kelapa tidak dibakar, ia menjelaskan pelanggan menu kikil sapi, sayur lodeh tempe dan tahu, dilengkapi sambal kelapa, yang rasanya menendang karena pedas, tetap ramai pembeli.

“Pembelinya banyak. Selain warga Bojonegoro, ada juga dari Malang, Surabaya, juga kota lainnya,” jelas dia.

Harga menu kikil sapi (dua tusuk kikil) bisa dengan nasi dan lontong di warung Mbak Sukarsih, hanya Rp12.000/porsi.”Harga Rp12.000/porsi, tidak termasuk minumannya,” ucapnya. (sa/*mcb).

Leave a Comment