Share

Nikmatnya Menyantap Bubur Ayam Mbak Yayuk Bojonegoro

Bojonegoro, 28/8 (Media Center) – Bubur Ayam tidaklah sulit dijumpai di pedagang kaki lima di berbagai di Tanah Air.

Menu ringan yang cocok untuk sarapan pagi itu juga bisa dijumpai di Bojonegoro, di warung kaki lima Mbak Yayuk (52), di Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

“Kalau hari libur seperti Minggu saya bisa menghabiskan 8 kilogram per hari, tapi kalau hari-hari biasa berkisar 3-4 kilogram per harinya,” kata Mbak Yayuk, ketika ditemui di warungnya di tepi jalan di Kelurahan Karangpacar, Minggu (28/8).

Maka tidaklah heran kalau hari libur Minggu pembeli harus antre tidak hanya duduk di atas kursi, tapi juga lesehan di sepanjang trotoar di belakang Kelenteng Hok Swie Bio itu.

Sebagaimana dijelaskan Yayuk, dirinya berjualan bubur ayam di sini di lokasi setempat sudah cukup lama sekitar 2005.

Namun, menurut dia, teknik membuat bubu ayam yang disukai konsumen sudah pernah dipelajari ketika semasa hidup di Jakarta.

“Saya memperoleh cara membuat bubur ayam dari pedagang bubur ayam Cirebon,” ucapnya.

Oleh karena menu bubur ayamnya spesial itu, lanjut dia, berbeda dengan menu bubur ayam yang dijual di pedagang lainnya di daerahnya.

“Pembeli bubur ayam saya banyak dari berbagai lapisan masyarakat,” ucapnya.

Seorang warga Surabaya dr. Vita, mengaku sering membeli bubur ayam Yayuk, karena selepas bertugas menjalani praktik ko-assisten (Koas) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.

“Saya sering membeli bubu ayam di sini sebab enak rasanya,” ucapnya.

Dibandingkan dengan sarapan nasi biasa, menurut dia, kandungan yang ada di bubur ayam tidak ada bedanya, karena selain ada ayam, juga kerupuk, dan lainnya.

“Ya sama saja dibandingkan dengan sarapan nasi biasa,” ucapnya.

Seorang warga Bojonegoro Abdul Manan Yakub mengaku sudah lama menjadi pelanggan bubur ayam di warung mbak Yayuk.”Setiap selesai “mancal” sepeda saya sering mengajak teman-teman makan bubur ayam, selain enak, juga lokasinya nyaman untuk istirahat,” tuturnya.

Di warung setempat harga menu bubur ayam spesial cukup murah hanya Rp7.000 per porsi, belum termasuk minuman.”Saya belum tertarik untuk membuka restoran bubur ayam,” ucap Yayuk menambahkan. (*/mcb)

1 Comment on this Post

  1. Semangkok bubur mungkin segenggam beras kali ya, cepet kenyang dan cepet lapar.Hehehe

    Reply

Leave a Comment