Share

NU Bojonegoro Imbau Warganya Shalat Gerhana

Bojonegoro (Media Center) – Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengimbau warga NU yang ada di kecamatan menggelar shalat gerhana matahari, bersamaan dengan terjadinya gerhana Matahari, pada 9 Maret.

“Kami sudah mengirimkan surat kepada seluruh Majelis Wilayah Cabang (MWC) NU di kecamatan, agar melaksanakan shalat gerhana, pada 9 Maret,” kata Ketua PC NU Bojonegoro Cholid Ubeid, di Bojonegoro, Senin (7/3).

Ia mengharapkan warga NU di 28 kecamatan menggelar shalat gerhana matahari, di wilayahnya masing-masing, pada 8 Maret.

“Warga NU di wilayah perkotaan juga akan menggelar shalat gerhana matahari. Lokasinya, masih kami koordinasikan dengan pengurus Masjid Babus Shofa di Desa Sukorejo, Kecamatan Kota,” jelas dia.

Ketua Takmir Masjid Agung Darusallam di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Bojonegoro Kyai. Haji Maimun Syafi’i, menambahkan masjid setempat juga akan menggelar shalat gerhana matahari, pada 9 Maret mulai pukul 07.00 WIB.

“Kami sudah mengumumkan kepada jamaah Masjid Agung Darussalam terkait pelaksanaan shalat gerhana matahari,” tuturnya.

Sesuai perhitungan, menurut dia, gerhana matahari di Bojonegoro, akan dimulai pukul 06.21 WIB dan puncaknya pukul 07.25 WIB dan akhir gerhana matahari, pukul 08.38 WIB.

“Dengan demikian Waktu ideal melaksanakan shalat gerhana matahari yaitu pukul 07.00 WIB,” jelasnya. (*/mcb)

Leave a Comment