Share

Olah Plastik Jadi Solar, Bojonegoro Akan Terima Adipura Kirana

Bojonegoro (Media Center) – Kabar gembira diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, karena untuk pertama kalinya mendapat penghargaan Adipura Kirana. Penghargaan ini dititikberatkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investmen yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

“Penghargaan ini karena inovasi yang dimunculkan dalam pengelolaan lingkungan di Bojonegoro,” ujar Kepala DKP Bojonegoro, Nurul Azizah, Kamis (21/7).

Dia menyampaikan, Bojonegoro meraih nilai yang cukup bagus. Yakni 35 top seluruh Indonesia dengan adanya pengelolaan sampah plastik menjadi solar. “Inovasi ini muncul karena keterbatasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) kami,” tandasnya.

Penghargaan Adipura Kirana akan diberikan pada tanggal 22 Juli di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, oleh Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

“Dengan adanya penghargaan ini, menjadikan motivasi kami untuk terus menciptakan inovasi lainnya di bidang lingkungan hidup,” imbuhnya.

Kedepan, pengelolaan sampah plastik di TPA Banjarsari akan diubah menjadi gas metan, tidak hanya solar saja. Diharapkan, gas metan bisa memberi manfaat dilingkup TPA sebagai jaringan gas yang dimanfaatkan untuk memasak dan menjadi pembelajaran kepada siswa.

“Kami senang ternyata inovasi pengelolaan sampah plastik dihargai,” tukasnya.(dwi/mcb)

1 Comment on this Post

  1. nur kholis sholikhudin

    Mohon ditingkatkan terus jalan jalan di poros kecamatan di kabupaten bojonegoro yang masih banyak terjadi kerusakan dan belum memenuhi standar kelaikan jalan dan berlubang khususnya di wilayah kecamatan kedewan dan kasiman, semoga kedepan bojonegoro lebih maju dan berkembang dalam bidang ekonomi dan

    Reply

Leave a Comment