Share

Pajak Parkir Berlangganan Bojonegoro Lampaui Target

Bojonegoro, Media Center – Pendapatan pajak parkir berlangganan di Kabupaten Bojonegoro melebihi target. Hingga triwulan ketiga atau akhir Agustus 2019 jumlahnya mencapai mencapai Rp 188.615 juta lebih dari target yang ditentukan sebesar Rp 477.972 juta lebih.

Kepala Bidang Pajak Daerah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bojonegoro, Fathin Hamama, menjelaskan parkir berlangganan di Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu pajak daerah yang dipungut dari pengelolaan parkir yang dikelola swasta.

“Berbeda dengan retribusi parkir yang masuk ke Dinas Perhubungan,” ujarnya, Kamis (10/9/2019).

Retribusi parkir di pinggir jalan dikelola oleh Dishub. Sedangkan pajak parkir adalah lahan parkir yang dikelola swasta. Ada 55 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro, diantaranya supermarket, rumah sakit, rumah makan, restauran, serta tempat hiburan.

Pembayaran pajak parkir tersebut berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2011 tentang penyelenggara parkir yang berada di luar bahu jalan dikenakan pajak bulanan.

“Setoran pembayaran hasil parkir tersebut diambil dari 20% dari pendapatan hasil parkir yang diperoleh penyedia parkir,” pungkas Fathin.(Rin/Dwi)

Leave a Comment