Share

Pansus Usulkan Visum dan Donor Gratis Bagi Warga

Bojonegoro, 11/10 (Media Center) – Panitia Khusus I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengusulkan adanya menggratiskan masyarakat untuk visum dan donor darah sebagai inovasi daerah yang dituangkan didalam draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan Kelas III pada RSUD Sosodoro Jatikusumo.

“Karena kita melihat, di Bojonegoro masih banyak korban kekerasan dan rumah tangga, maka kami mengusulkan biaya visum di rumah sakit gratis,” kata salah sagnnota Pansus I, Anam Warsito, kepada KanalBojonegoro, Rabu (11/10/2017).

Menururtnya, korban KDRT tersebut kebanayakan para wanita yang mengandalkan biaya dari suami. Pada saat melapor kepada Kepolisian, banyak yang mengeluhkan biaya visum tersebut. Sehingga, untuk memperjuangkan hak-hak ibu dan perempuan ini menjadi sebuah inovasi yang harus direalisasikan.

“Selain menggratiskan biaya visum, kami juga mengusulkan pembebasan biaya donor darah,” tegasnya saat melakukan rapat Pansus bersama Pemkab Bojonegoro.

Pihaknya menilai, dengan menggratiskan biaya donor darah maka bisa meringankan beban biaya yang ditanggung oleh pasien. Terlebih, korban kecelakaan yang biasanya tidak menyiapkan uang lebih.

“Kita akan minta semua anggaran tersebut ditanggung APBD, untuk nilainya masih menyesuaikan,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment