Share

Panti Asuhan Bojonegoro Gelar Bimbingan Belajar

Bojonegoro (Media Center) – Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar bimbingan belajar bagi pelajar SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA), yang dipersiapkan untuk mengikuti tes perguruan tinggi tahun ini.

“Target kami siswa yang dipersiapkan mengikuti bimbingan belajar berkisar 40-50 siswa,” kata Ketua Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Bojonegoro Abdul Wachid, di Bojonegoro, Rabu (23/3).

Ia menjelaskan telah mengundang 16 lembaga pendidikan, baik SMA, SMK dan MA, di jajaran Muhammadiyah, untuk mengikuti sosialisasi pelaksanaan bimbingan belajar bekerja sama dengan Sony Sugema College (SSC), sehari lalu.

“Pelajar yang kami undang dari keluarga yang tidak mampu. Minat pelajar yang akan mengikuti bimbingan belajar cukup tinggi,” ucapnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, para siswa akan memperoleh potongan biaya pelaksanaan bimbingan belajar dari SSC yang akan dilaksanakan selama 1,5 bulan. Biaya bimbingan belajar di SSC biasanya Rp1.750.000, tapi para siswa hanya dikenakan biaya Rp1,2 juta.

“Itupun rumah makan Adelia Bojonegoro akan mengganti biaya bimbingan belajar di SSC kalau siswa diterima dalam tes di perguruan tinggi,” ucapnya, menegaskan.

Yang jelas, menurut dia, para pelajar yang dipersiapkan mengikuti bimbingan belajar itu, akan mengikuti tes masuk di berbagai perguruan tinggi khusus program bidik misi untuk tahun ini.

“Rata-rata hanya sekitar 50 siswa yang masuk perguruan tinggi melalui program bidik misi. Jumlah itu masih minim, dibandingkan kuota program bidik misi yang disediakan Pemerintah,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Akhyar.

Oleh karena itu, Akhyar, yang juga Wakil Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah itu, meminta para pelajar harus yakin mampu masuk perguruan tinggi melalui program bidik misi.

“Jangan bertanya saya mampu tidak? Tapi harus yakin saya mampu dan dari 60.000 kuota bidik misi, salah satunya saya,” ucapnya, kepada para pelajar yang mengikuti sosialisasi di Restoran Adelia Bojonegoro. (*/mcb)

Leave a Comment