Share

Panwaslu Bojonegoro Terbitkan Himbauan pada Media

Panwaslu Bojonegoro menghimbau saat masa tenang menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg), media massa tidak lagi menayangkan segala bentuk kampanye

Bojonegoro (Media Center) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bojonegoro menghimbau saat masa tenang menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg), media massa tidak lagi menayangkan segala bentuk kampanye. Hal itu tertuang dalam surat yang dikirimkan ke sejumlah lembaga penyiaran lokal di Bojonegoro Jawa Timur (Jatim).

Disebutkan, larangan kampanye melalui media massa tersebut meliputi berita, iklan kampanye, rekam jejak caleg, dan Partai Politik peserta Pemilu 2014. “Atau bentuk lain yang mengarah pada kepentingan kampanye,” jelas Mustofirin, ketua Panwaslu Bojonegoro.

Himbauan yang dikirimkan dalam bentuk surat resmi tersebut, juga menuangkan dasar hukum yang digunakan oleh Panwaslu. Yakni UU Nomor 15/2011 tentang penyelenggaraan Pemilu, UU Nomor 8/2012 tentang Pemilu DPR, DPD dan DPRD, PKPU Nomor 15/2013 tentang perubahan PKPU Nomor 1/2013 tentang pedoman pelaksanaan kampanye, Perbawaslu 13/2012 tentang tata cara pengawasan Pemilu, dan PKPU 18/2012 tetnatng tahapan Pemilu.

Semantara itu, di hari terakhir masa kampanye pihak Panwaslu Bojonegoro menggelar Bimbingan Tekhnik (Bimtek) untuk 1.456 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dan 84 Panwas Kecamatan seluruh Bojonegoro. Menurut pihak Panwaslu Bojonegoro, Bimtek itu lebih berupa pembekalan untuk seluruh PPL dan Panwas di Bojonegoro menjelang pelaksanaan Pileg 2014 pada 9 April mendatang. (*/mcb)

Leave a Comment