Share

Peserta Pilkada Bojonegoro Harus Serahkan Agenda Kampanye

Bojonegoro, 13/2 (Media Center) – KPU Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan tim pemenangan empat pasangan peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah setempat harus menyerahkan agenda jadwal kampanye termasu akun media sosial yang dimanfaatkan kampanye.

“Dalam dua hari ini tim pemenangan pasangan peserta pilkada harus menyerahkan jadwal agenda kampanye juga akun media sosial yang dimanfaatkan kampanye,” kata Divisi SDM dan Parmas KPU Bojonegoro Mustofirin, usai undian nomor urut peserta pilkada, Selasa (13/2).

Terkait media sosial yang didaftarkan ke KPU , lanjut dia, bisa fesbuk, twitter, instagram, juga media sosial lainnya yang nantinya dalam masa kampanye akan diawasi panwaslu.

“Media sosial yang dimanfaatkan kampanye untuk pengawasannya langsung panwaslu. Tapi di luar akun media sosial yang dimanfaatkan kampanye, misalnya, dari masyarakat pengawasannya kepolisian resor (polres),” ujarnya.

Ia menyebutkan kampanye pilkada akan dimulai 15 Februari sampai hari tenang menjelang pencoblosan pada 27 Juni 2018.

“Materi kampanye yang dilarang, antara lain, masalah SARA, atau ingin mengubah UUD 1945,” kata Ketua KPU Bojonegoro Abdim Munif menambahkan.

Ketua Panwaslu Bojonegoro M. Yasin, menambahkan panwaslu akan mulai melakukan pengawasan materi kampanye peserta pilkada sejak masuk masa kampanye pada 15 Februari.

“Kalau ada pelanggaran dalam pelaksanaan kampanye untuk penanganannya ada beberapa macam, bisa melalui sentra gakkumdu, atau dilaporkan kepada panitia penyelenggara pemilu,” kata dia menegaskan.

Dalam undian yang digelar KPU itu pasangan Soehadi Moeljono-Mitro’atin, yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat memperoleh nomor urut 1. Sedangkan pasangan Mahfudhoh Suyoto-Kuswiyanto yang diusung PAN, Hanura dan NasDem memperoleh nomor urut 2.

Sedangkan pasangan Anna Mu’awanah-Budi Irawanto, yang diusung PKB, PDIP dan PKPI, memperoleh nomor urut 3 dan pasangan Basuki-Pudji Dewanto yang diusung Partai Gerindra dan PPP memperoleh nomor urut 4.

Dalam mengikuti undian itu jajaran pengurus partai pengusung juga hadir termasuk para pendukung masing-masing pasangan dengan membawa atribut gambar pasangan yang didukung. (*/mcb)

Leave a Comment